Home Hobbies 10 Cara yang Dapat Dilakukan Agar Body Motor Tetap Mengkilap

10 Cara yang Dapat Dilakukan Agar Body Motor Tetap Mengkilap

by Caswitin
Cara Mengkilapkan Body Motor

Padatnya mobilitas penduduk di Indonesia sering kali menimbulkan kemacetan. Lalu lalang kendaraan tidak pernah sepi di jalanan. Hal ini menjadikan banyak orang lebih memilih motor sebagai alat transportasi. Berbeda dengan mobil, saat anda berkendara menggunakan motor maka perjalanan akan terasa lebih cepat. Anda juga tidak perlu menghabiskan banyak waktu sebab terhindar dari kemacetan. Kondisi jalanan yang berdebu, dapat membuat motor anda kotor. Jika tidak dibersihkan, tentu akan menimbulkan kesan tidak nyaman. Namun, dalam merawat dan membersihkan motor tidak dapat dilakukan dengan cara yang sembarangan. Berikut ini akan dibahas 10 cara mengkilapkan body motor.

1. Memilih tempat parkir

Paparan sinar matahari dapat membuat motor anda cepat kusam. Untuk itu, salah satu cara mengkilapkan body motor yang kusam adalah dengan memilih tempat parker yang teduh. Sinar ultraviolet yang dipancarkan oleh matahari dapat merusak bagian luar cat motor anda. Inilah yang mengakibatkan body motor anda terlihat kusam. Anda dapat mencari tempat di bawah pohon atau parkir di basement.

2. Rutin mencuci motor

Cara Mengkilapkan Body Motor

Cara Mengkilapkan Body Motor

Rutin mencuci motor merupakan salah satu cara mengkilapkan body motor yang efektif. Sebab, motor yang jarang dicuci akan menyebabkan kotoran dan debu melekat pada body motor. Sehingga dapat menimbulkan bitnik bitnik dan apabila terlalu lama dibiarkan dapat menyebabkan car motor anda terkelupas. Usahakan untuk mencuci motor sekali dalam seminggu. Apabila anda tidak sempat, anda dapat mengunjungi tempat pencucian motor. Tarifnya tidaklah mahal. Berkisar antara Rp. 20.000 hingga Rp. 25.000 per motor.

3. Hindari mencuci motor menggunakan detergen

Penggunaan detergen pada saat mencuci motor dapat mengakibatkan cat motor terkelupas dan terlihat kusam. Untuk itu cara mengkilapkan body motor yang dapat anda lakukan adalah mencuci motor menggunakan shampo khusus motor. Apabila anda tidak memilikinya, cukup cuci degan air bersih kemudian keringkan dengan lap khusus untuk motor.

Baca Juga:  Tips Cuci Mobil Sendiri yang Tepat dan Cepat  

4. Biasakan untuk mengelap motor setiap hari

Mengelap motor setiap hari adalah salah satu cara mengkilapkan body motor yang kusam secara efektif. Debu dan kotoran-kotoran kecil tidak akan tertinggal pada body motor, sehingga kebersihan motor akan selalu terjaga. Akan tetapi, anda tetap harus menggunakan lap khusus untuk motor guna menghindari body motor lecet ataupun tergores.

5. Membersihkan motor dari minyak rem

Tidak jarang minyak rem menetes kemudian mengenai body motor. Oleh sebab itu, penting untuk mengecek dan langsung mengelap motor atau bagian yang terkena minyak lem tersebut. Anda juga dapat mencucinya dengan air bersih agar cat motor tidak terkelupas.

cara mengkilapkan body motor

cara mengkilapkan body motor

6. Mencuci motor setelah terkena hujan

Tidak hanya panas matahari, air hujan juga dapat menyebabkan kerusakan pada cat motor. Air hujan mengandung asam nitrat yang dapat merusak bagian luar lapisan motor sehingga motor anda terlihat kusam. Kebanyakan orang sering kali membiarkan motor mereka kering begitu saja setelah terkena air hujan. Cara mengkilapkan body motor yang pudar adalah dengan langsung mencuci dan mengeringkan motor setelah terkena hujan.

7. Jangan lupa untuk mengeringkan motor setelah dicuci

Setelah motor selesai dicuci dan dilap, jangan lupa untuk memarkirkan motor ditempat terbuka agar motor kering secara keseluruhan. Hindari memakai motor sebelum benar-benar kering. Sebab hal ini dapat mengakibatkan debu dan kotor menempel pada motor. Selain itu, bagian dalam motor yang tergenang air juga dapat berkarat.

8. Jangan ragu untuk menempelkan skotlet atau stiker pada motor anda

Penggunaan skotlet atau stiker yang ditempel pada body motor adalah salah satu cara mengkilapkan body motor yang efektif. Motor anda akan terhindar dari goresan, dan tampilan motor tetap kinclong.

Cara Mengkilapkan Body Motor

Cara Mengkilapkan Body Motor

9. Memoles motor secara berkala

Seperti halnya wanita, motor juga membutuhkan “skincare” agar selalu terlihat menarik. Anda dapat menggunakan polish wax atau memilih bahan alami seperti kulit jeruk. Poleskan pada body motor, dengan begitu motor anda akan terlihat semakin kinclong dan seperti baru.

Baca Juga:  Cara Memilih Spare Part Mobil yang Benar dan Tepat

10. Gunakan silikon

Hal terakhir yang dapat anda lakukan untuk menjaga motor tetap kinclong adalah dengan menggunakan cairan pengkilap motor. Gunakan sesekali dan oleskan dengan lembut pada body motor anda. Jangan terlalu sering menggunakan silikon, sebab ujung silikon dapat mengikis lapisan car motor anda.

Nah, itulah tadi 10 cara mengkilapkan body motor yang dapat anda lakukan. Dengan menerapkan cara diatas, motor anda akan terlihat kinclong dan penampilan anda akan semakin menarik. Anda juga tidak perlu khawatir lagi dengan debu dan kotoran yang menempel pada motor. Semoga bermanfaat, ya!

Artikel Lainnya

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More