Home » Perawatan Mobil » 3 Cara Melakukan Perawatan Mobil Manual dengan Baik

3 Cara Melakukan Perawatan Mobil Manual dengan Baik

Salah satu hal yang merupakan hal utama bagi pada pemilik mobil adalah melakukan perawatan mobil terutama pada bagian mesinnya. Terlebih mobil merupakan alat transportasi yang banyak digunakan oleh orang-orang melakukan aktivitas sehari-hari. Dikarenakan selalu digunakan dalam aktivitas sehari-hari mesin mobil harus selalu diperhatikan dan jangan sampai diabaikan. Mesin mobil sudah seperti layaknya otak yang mengkoordinasi seluruh sistem kerja kendaraan roda empat tersebut. Berikut beberapa cara untuk merawat mesin mobil manual dengan baik adalah sebagai berikut:

3 Cara Melakukan Perawatan Mobil Manual dengan Baik

Mengecek Starter Mobil

Ketika Anda sedang menyalakan mesin mobil cobalah untuk mendengarkan starter mobilnya atau memperhatikan kondisi tersebut. Apakah terdapat kerusakan pada bagian starter mobil tersebut. Kerusakan yang terjadi pada starter mobil biasanya dikarenakan kekurangan suplai bahan bakar ataupun suplai udara yang menyuplai starter mobil dengan optimal. Selain itu jangan lupa memeriksa saringan atau filter dengan cara mencabut filter dari tempatnya serta membersihkannya dengan menggunakan kuas kecil ataupun sikat gigi yang memiliki bulu halus sehingga tidak akan memberikan kerusakan lain.

Mengganti Oli Mobil Secara Berkala

Tidak hanya kendaraan roda dua saja yang setiap bulannya harus diganti oli mesin. Untuk kendaraan roda empat seperti mobil oli merupakan salah satu komponen penting yang mempengaruhi kinerja mobil. Sehingga untuk melakukan perlindungan pada mesin mobil secara optimal Anda harus melakukan perawatan mobil dengan mengganti oli secara berkala. Ketentuan kurun waktu penggantian oli sangatlah tergantung pada jenis suatu mobil karena ketentuannya berbeda-beda. Biasanya oli mobil harus diganti apabila sudah menempuh jarak panjang sekitar 3000 kilometer sampai dengan 5000 kilometer. Jarak ini termasuk jarak jauh yang sudah ditempuh oleh performa mesin mobil.

Sebenarnya fungsi oli tidak hanya untuk menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi baik melainkan juga untuk melindungi komponen-komponen mobil yang saling bergesekan. Dengan demikian mengganti oli mobil merupakan suatu keharusan yang tidak perlu ditawar-tawar kembali demi keawetan mesin kendaraan yang Anda miliki. Pilihlah oli sesuai dengan kebutuhan mobil Anda, jangan sampai terkecoh dengan oli oplosan.

Mengecek Cairan Radiator Atau Coolant

Cairan radiator memiliki fungsi yang cukup penting yaitu untuk menetralkan kondisi panas pada mesin mobil. Pastikan Anda selalu mengecek cairan radiator tersebut secara rutin agar tidak sampai surut ataupun kosong. Jika cairan radiator atau coolant kosong akan menyebabkan kondisi overheat pada mesin yang akan menyebabkan mesin rusak maksimal sehingga akan mengalami kondisi mati total. Untuk mengetahui ketersediaan air radiator, Anda dapat melihat langsung pada tutup radiator. Jangan sekali-kali Anda membuka tutup air radiator tersebut saat mesin mobil sedang menyala. Dianjurkan mengganti air radiator jika mesin mobil sudah menempuh jarak 1000 km.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *