Home » Tips dan Trik » 3 Pertimbangan Utama Memilih Speaker Audio Mobil

3 Pertimbangan Utama Memilih Speaker Audio Mobil

Audio mobil menjadi salah satu pertimbangan utama bagi seseorang untuk memilih kendaraan. Terkadang, walaupun interior dan fitur mobil sudah lengkap, namun merasa kurang karena output suara yang dihasilkan kurang terasa sehingga mobil tersebut harus ditambah speaker untuk menghasilkan suara yang lebih bombastis. Untuk memilih speaker yang akan Anda pasang di mobil selain budget yang harus ditentukan, Anda juga harus mempertimbangkan 3 pertimbangan berikut.

Pertama adalah spesifikasi utama. Terdapat 2 spesifikasi utama pemilihan speaker yaitu berdasarkan pada:

  • Sensitivity: mengenai seberapa besar suara yang bisa dihasilkan oleh speaker tersebut dari sumber power amplifier yang terhubung ke speaker. Jika sistem audio pada mobil telah dipasang head unit standar atau jenis power amplifier ohm maka jenis speaker yang sesuai adalah yang memiliki sensitivity tinggi.
  • Power handling: mengenai seberapa besar daya yang dapat diterima speaker. Jika Anda sudah memiliki amplifier dengan tenaga besar maka Anda membutuhkan speaker dengan power handling yang besarnya mendekati daya output power amplifier.

Kedua adalah model dari speaker tersebut untuk instalasi audio mobilModel ini dikelompokkan menjadi 2, yaitu:

  • Speaker full range dengan semua elemen dalam 1 wadah dan dapat menghasilkan output dari midbass, woofer dan tweeter dan jenis model ini pengaplikasiannya atau instalasinya tidak rumit.
  • Component speaker memiliki midbass, crossover dan tweeter yang terpisah sehingga bisa ditempatkan sesuai dengan yang Anda inginkan. Anda bisa untuk menaruh tweeter terpisah dengan woofer dan meletakkannya di tempat yang Anda inginkan. Walaupun jenis audio ini memiliki kerumitan sendiri untuk pengaplikasiannya namun, suara yang dihasilkan lebih detail dan dinamis.

Ketiga adalah bahan untuk membuat speaker tersebut. Bahan tersebut dibedakan dari jenis speaker yang dibuat yaitu woofer atau midbass, tweeter dan surround speaker. Untuk woofer/midbass, bahan yang bagus untuk digunakan adalah yang terbuat dari bahan sintetis seperti polypropylene yang dikombinasikan dengan mika untuk suara bass yang akurat. Sedangkan jika bahan sintetis berlapis alumunium/titanium akan membuat woofer enteng.

Sedangkan untuk tweeter, bahan yang digunakan akan sangat mempengaruhi hasil audio mobil yang dikeluarkan. Umumnya, bahan yang digunakan adalah dari bahan lembut misalnya polu, sutra, perpaduan kain untuk suara yang terbaik namun agak mellow. Tweeter yang menggunakan bahan yang keras seperti metal, graphit dan keramik akan menghasilkan suara tinggi yang gesit dan bening. Untuk speaker surround sendiri, bahan yang digunakan harus tahan terhadap kelembaban yang cukup ekstrim. Lingkar speaker sebaiknya terbuat dari karet untuk mendapatkan hasil yang maksimal walaupun ada juga yang terbuat dari bahan busa dan kain untuk surround speaker yang lebih murah. Saat memilih surround system juga harus mempertimbangkan passive crossover diantara komponen speaker untuk hasil yang jernih dan efisien.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *