Home » Tips dan Trik » 3 Pilihan Jenis Lampu Mobil yang Ada di Pasaran

3 Pilihan Jenis Lampu Mobil yang Ada di Pasaran

Kendaraan mobil mempunyai banyak bagian yang dipunyainya baik yang ada di dalam mobil ataupun yang berada di luar mobil. Aksesoris yang ada di luar mobil disebut juga dengan eksterior dan mempunyai banyak bagian dengan fungsi masing-masing. Salah satu bagian tersebut adalah lampu mobil yang menjadi komponen penting pada sebuah mobil. Lampu tersebut bermanfaat sebagai sumber pencahayaan pada mobil sehingga akan aman digunakan untuk mengemudi ketika malam hari. Oleh karena fungsi itulah jenis bagian ini menjadi salah satu komponen yang terpenting pada sebuah mobil. Ketika akan memilih lampu yang digunakan di mobil ini ada beberapa pilihan yang ada. Misalnya saja dari jenisnya yang menawarkan beberapa jenis di pasaran dan bisa dipilih dari fungsi dan manfaat yang diberikannya. Adapun 3 jenis lampu untuk mobil yang bisa dipilih adalah:

 3 Pilihan Jenis Lampu Mobil yang Ada di Pasaran

  • Halogen

Jenis lampu yang bisa digunakan dan dipasang di mobil adalah halogen. Jenis lampu ini merupakan lampu yang paling umum digunakan pada mobil dan juga menjadi lampu standard bawaan mobil yang dibeli. Lampu jenis ini menggunakan filamen seperti pada jenis lampu pijar pada umumnya. Sehingga ketika filamen tersebut mempunyai suhu yang tinggi akan dapat untuk memancarkan cahaya terang seperti pada lampu pijar yang digunakan di rumah. Pilihan dari lampu halogen ini menawarkan daya dari 35 watt hingga 55 watt dan bisa dipilih sesuai dengan cahaya terang yang diinginkan. 

  • HID

Jenis lampu mobil selanjutnya yang dapat dipilih adalah HID atau high intensity discharge. Lampu ini tidak menggunakan filamen seperti pada lampu pijar dan jenis lampu halogen tetapi menggunakan pengapian gas Xenon di dalam tabung. Keunggulan dari lampu ini adalah mempunyai intensitas cahaya yang lebih terang dan juga akan lebih tahan lama ketika digunakan. Oleh karena itulah bisa menjadi pilihan lampu yang di pasang di mobil terbaik walaupun mempunyai kekurangan dari pemasangan yang cukup rumit.

  • LED

Dan jenis terakhir dari lampu yang bisa digunakan untuk di mobil adalah lampu LED. Jenis lampu ini sendiri menawarkan banyak keuntungan yang bisa didapatkan seperti dari cahaya yang lebih terang, lebih hemat energi, tahan lama untuk digunakan, dan berbagai keuntungan lainnya. Jenis lampu ini juga bisa digunakan untuk lampu di dalam mobil, lampu rem, dan juga lampu di plat mobil. 

Ketika memilih jenis LED untuk lampu mobil ada beberapa pilihan yang bisa dipilih yaitu sebagai berikut ini:

  • LED limited merupakan jenis lampu yang paling banyak digunakan di dunia otomotif.
  • LED cree merupakan jenis yang tersusun dan juga bisa digunakan sebagai lampu sein dan lampu rem.
  • LED cob merupakan jenis selanjutnya yang mempunyai ribuan chip dan bisa digunakan sebagai lampu kabin.
Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *