Home » Tips dan Trik » 4 Kiat Memilih Asuransi Mobil yang Bagus

4 Kiat Memilih Asuransi Mobil yang Bagus

Angka kecelakaan di jalan raya yang tinggi membuat produk asuransi mobil dijadikan pilihan oleh berbagai kalangan. Tentunya dengan tujuan meminimalkan kerugian supaya ketika mengalami kecelakaan biaya perbaikan mobil didapatkan dari asuransi tersebut. Perlindungan ini memungkinkan pemilik mobil bisa lebih nyaman berkendara di jalan raya dan memperkecil resiko mengalami kecelakaan karena kurang fokus ketika di jalan. Hanya saja agar perlindungan yang didapatkan tepat dan nyaman usahakan tidak sembarangan dalam memilih asuransi kendaraan karena banyak yang menyesal.

4 Kiat Memilih Asuransi Mobil yang Bagus

Kiat Memilih Asuransi untuk Mobil

Mobil dan jenis kendaraan lainnya perlu diberi perlindungan dalam bentuk asuransi agar tidak was-was rekening jebol saat terjadi kecelakaan. Namun perlu hati-hati dalam memilih asuransi kendaraan ini agar tidak rugi dan kecewa, kiat berikut bisa dijadikan panduan:

  • Jenis asuransi sesuai kebutuhan,

Jenis asuransi untuk kendaraan ini terbagi ke dalam dua, pertama adalah asuransi TLO yang hanya menanggung biaya kehilangan mobil karena dicuri. Kemudian ada asuransi all risk yang menanggung semua bentuk resiko sehingga preminya cenderung tinggi. Ketika disuruh memilih idealnya disesuaikan kebutuhan, apabila mobil masih kredit maka sudah otomatis mendapatkan TLO. Jadi pembelian asuransi all risk bisa ditunda lebih dulu.

  • Nilai preminya logis dan sesuai standar,

Kebanyakan orang lebih mudah tergiur memilih asuransi mobil dengan biaya premi yang super terjangkau. Saking murahnya fasilitas yang didapatkan sangat terbatas dan diluar ekspektasi sehingga kecewa. Usahakan bijak dalam menentukan premi ini dengan cara mencari yang logis dan sesuai dengan standar. Jika tertarik memakai asuransi jenis TLO ketahui nilai premi wajarnya di angka berapa, jika malah menjumpai yang terlalu murah baca polisnya beberapa kali sampai paham resikonya.

  • Baca ketentuan polis dengan seksama,

Sebelum menjadi nasabah di perusahaan asuransi kendaraan Anda tentu akan membaca berbagai dokumen berisi perjanjian Anda dengan perusahaan tersebut. Dokumen ini beberapa menjelaskan sifat dan segala hal terkait perlindungan di dalam asuransinya. Maka polis ini wajib dibaca dengan seksama ketika semua poinnya tidak memberatkan maka bisa segera membubuhkan tanda tangan. Jika kurang cocok, tenang saja perusahaan asuransi kendaraan ada banyak dan bisa jadi perusahaan lain memberi kebijakan lebih bersahabat.

  • Pastikan disediakan perusahaan asuransi terpercaya,

Untuk keamanan Anda selama menjadi nasabah sebuah perusahaan asuransi kendaraan maka wajib mencari yang resmi dan terpercaya. Paling nyaman dan terjamin adalah ke perusahaan milik BUMN atau negara karena dijamin sistemnya aman dan melindungi. Namun jika kebijakan dan ketentuannya tidak sesuai ekspektasi barulah beralih ke perusahaan asuransi swasta dengan kebijakan yang lebih sesuai. Intinya utamakan perusahaan ternama dengan reputasi yang terjamin baik, supaya kasus penipuan berkedok asuransi mobil tidak menimpa Anda.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *