Home » Tips dan Trik » 4 Kiat Merawat Audio Mobil yang Baiknya Dilakukan Agar Awet

4 Kiat Merawat Audio Mobil yang Baiknya Dilakukan Agar Awet

Dulunya perangkat audio mobil masih masuk ke dalam kategori barang mewah sehingga sebatas digunakan pada mobil-mobil mahal. Namun semakin berkembangnya zaman audio khusus mobil inipun menjadi perangkat yang jamak dijumpai di setiap mobil. Bahkan untuk mobil dengan spesifikasi dan fitur standar sekalipun, sebab keberadaannya bisa menyediakan hiburan sepanjang perjalanan. Jika mengantuk maka menyalakan audio di dalam mobil efektif mengusir kantuk tersebut sehingga tetap aman saat mengemudi. Namun, tak sekedar punya audio yang bagus pemiliknya pun wajib merawatnya dengan baik.

4 Kiat Merawat Audio Mobil yang Baiknya Dilakukan Agar Awet

Merawat Audio di Mobil

Pentingnya peran audio di dalam sebuah mobil membuat pemiliknya wajib memberikan perawatan yang layak agar awet. Berikut kiat merawat perangkat satu ini:

  • Paham cara mematikan dan menghidupkan audio,

Perangkat audio akan lekas rusak jika pemakaiannya salah sehingga pemiliknya wajib punya ilmu cara mematikan dan menghidupkan perangkat ini. Usahakan dinyalakan saat mesin mobil sudah menyala atau ketika mobil sudah melaju. Kemudian matikan sesaat sebelum mobil berhenti, sehingga saat starter dilakukan audio tidak langsung menyala. Perlahan jika sering terjadi dijamin lekas soak padahal bisa jadi audio yang Anda miliki harganya mahal.

  • Melakukan pengaturan suara,

Sudah menjadi aktifitas umum mengatur suara dari perangkat audio mobil agar lebih sesuai dengan selera dan kenyamanan telinga. Unsur pengaturannya amat klasik yakni hanya berputar diantara treble, bass, maupun pengaturan volume. Khusus untuk volume disarankan selalu berada di posisi normal sebab jika terlalu kencang berpotensi merusak subwoofer ataupun komponen ringkih lainnya. Mengingat hiburan dari audio ini untuk konsumsi pribadi, mengapa suaranya harus kencang-kencang?

  • Selalu memakai CD maupun DVD original,

Meskipun zaman sudah serba digital dan penggunaan keping CD maupun DVD sudah tidak lumrah lagi ditemui. Namun kebanyakan audio khusus mobil masa kini tetap menyediakan slot untuk semua keping player tersebut. Jadi untuk Anda yang tidak mempergunakan USB Flashdisk dan masih setia memakai CD dan teman-teman sejawatnya. Pastikan memilih produk original karena biasanya mempergunakan material berkualitas yang tidak merusak optik di dalam audio. Audio pun aman dan Anda bisa menikmati hiburan musik maupun video berkualitas baik.

  • Rajin dibersihkan,

Perangkat audio sama pentingnya dengan jok mobil Anda sehingga wajib dibersihkan secara teratur. Anda bisa memakai kemoceng berukuran mini untuk membersihkan sela-sela audio agar bebas dari debu. Sedangkan untuk bagian optiknya Anda bisa mempergunakan cairan khusus yang bisa dibeli di toko aksesoris mobil. Membersihkan audio ini pun idealnya tidak setiap hari karena malah bisa menyebabkan kerusakan. Khusus untuk body bisa seminggu atau dua minggu sekali, sedangkan untuk optik audio mobil baiknya dibersihkan sebulan sekali

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *