Home » Perawatan Mobil » 4 Langkah Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Dengan Benar

4 Langkah Perawatan Mobil yang Harus Dilakukan Dengan Benar

Memiliki mobil merupakan kebanggaan bagi setiap orang yang memilikinya karena harganya masih lumayan cukup mahal. Selain fungsinya sebagai kendaraan, mobil umumnya dijadikan prestise di masyarakat. Memiliki mobil harus disertai dengan tanggung jawab bagaimana menjaga dan rutin melakukan perawatan mobil.

Membersihkan mobil ternyata tidak bisa sembarangan ada aturan-aturan yang harus diperhatikan, diantaranya adalah sebagai berikut:

4 Langkah Membersihkan Mobil

Membersihkan mobil dengan benar terdiri dari 4 langkah yaitu: membersihkan bagian sisi luar, dalam, mesin dan ban. Bila ke-4 nya dibersihkan dengan benar bisa membuat tampilan mobil terlihat seperti baru dan kinclong.

Sebelum membersihkan mobil, harus memahami dan mengetahui karakter bahan mobil. Sebagian bahan mobil ada yang terbuat dari karet, plastic dan besi. Komponen yang paling banyak digunakan pada mobil adalah cat yang mengandung bahan kimia yang peka. Jadi, perawatan mobil harus benar dan menggunakan cara khusus agar bersihnya optimal.

  • Membersihkan Mobil Bagian Sisi Luar

Sebelum membersihkan mobil, pastikan jendela dan pintu sudah tertutup dengan rapat.

  • Membersihkan debu, kotoran dan pasir dari mobil harus menyemprotkan air terlebih dahulu menggunakan selang. Jangan membersihkan dalam kondisi kering karena dikhawatirkan pasir yang menempel bisa menggores cat.
  • Gunakan pembersih khusus untuk mobil, jangan pakai diterjen asal-asalan karena bisa menyebabkan warna cat mobil memudar.
  • Membersihkan mobil bisa menggunakan lap atau spons bersih dan lembut. Anda bisa memulai membersihkan mobil mulai dari atapnya.
  • Hindari membersihkan mobil di bawah sinar matahari langsung atau pada waktu siang hari. Sebaiknya bersihkan mobil di garasi atau jika diluar sebaiknya pagi atau sore hari.
  • Bersihkan mobil sampai tidak ada sabun yang tertinggal, lalu lap dengan lap kering yang halus dan lembut.

Baca Juga:Cari Tahu Tips Merawat Mobil untuk Membuatnya Tahan Lama Disini

  • Membersihkan Mobil Bagian Sisi Dalam

Membersihkan bagian interior hanya memerlukan sedikit air. Gunakan spons/ lap bersih untuk membersihkan noda atau kotoran yang tertinggal. Biasanya kotoran berupa telapak sepatu, tangan sisa makanan dan minuman.

  • Membersihkan Mesin Mobil

Membersihkan mesin mobil harus dilakukan dengan hati-hati karena ada beberapa komponen mesin yang tidak boleh terkena air, seperti: kabel, sensor dan acu. Jika akan membersihkan komponen lainnya dengan air pastikan aliran airnya kecil. Aliran air yang terlampau keras bisa menyebabkan mesin tidak bisa dihidpkan. Untuk membersihkan lemak atau minyak yang menempel di mesin bisa gunakan sabun cuci atau minyak tanah.

  • Membersihkan Ban Mobil

Ban adalah bagian mobil yang mudah terkena kotoran, karena ban merupakan bagian mobil yang langsung menyentuh permukaan tanah. Cara membersihkan ban bisa menggunakan bantuan sikat dan sabun.

Jika Anda melakukan 4 perawatan mobil tersebut dengan benar, bisa membuat mesin dan cat mobil lebih awet. Semoga artikel ini dapat memberikan informasi dan bermanfaat!

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *