Home » Tips dan Trik » 4 Tips Mengatasi Kerusakan Mobil dan Penyebabnya

4 Tips Mengatasi Kerusakan Mobil dan Penyebabnya

Kesalahan diagnosis oleh seorang mekanik terkadang membuat Anda harus mengeluarkan ongkos yang lebih besar atau bahkan cenderung membengkak. Hal ini pastilah sangat merugikan apabila peristiwa tersebut terjadi kepada Anda. Oleh karena itu tidak ada salahnya untuk mengetahui gejala umum dan penyebab dan juga cara mengatasinya. Berikut ini 4 kerusakan mobil beserta penyebabnya yang wajib Anda ketahui:

4 Tips Mengatasi Kerusakan Mobil dan Penyebabnya

 

  • Kondisi Mesin Hidup Mati, Hidup Mati

 

Bagi sebagian orang yang baru memiliki kendaraan roda empat biasanya akan cenderung panik saat mesin mobilnya memiliki kondisi hidup mati hidup mati. Saat kondisi ini menimpa Anda, tidak perlu panik dan berusahalah untuk mencari solusinya. Mesin dengan kondisi hidup mati hidup mati berarti sedang bermasalah dalam hal sistem kelistrikan. Anda dapat memeriksa bagian alternator, aki, ataupun kabel-kabel yang ada disekitarnya dan memeriksa kondisinya apakah ada kabel yang kendur atau putus. Anda juga harus memeriksa rangkaian pengapian yang bisa jadi sedang bermasalah. Apabila semua hal di atas dipastikan dalam kondisi yang baik dan normal, kemungkinan lain yang menyebabkan kondisi mesin hidup mesin hidup terletak pada selang-selang vacum yang bocor.

 

  • Mesin Sulit Dinyalakan Saat Pagi Hari

 

Permasalahan ini seringkali menimpa seseorang yang memiliki mobil. Dikarenakan saat pagi hari mesin mobil dalam keadaan dingin sehingga terkadang susah untuk dinyalakan. Kerusakan mobil ini bukanlah kerusakan yang sangat fatal apabila tidak berlangsung setiap hari. Penyebab mesin sulit dinyalakan saat pagi hari disebabkan oleh tegangan listrik pada aki mobil yang kurang bahkan sudah habis dan terminal aki yang berkarat. Selain itu penyebab lainnya dapat berasal dari injektor bahan bakar yang bermasalah. Jarak antara kepala dan sumbu busi yang terlalu renggang juga dapat mempengaruhi kondisi mesin.

 

  • Lampu Indikator Oli Menyala Walaupun Mobil Dalam Keadaan Berjalan

 

Kerusakan mobil ini sering terjadi namun sayangnya selalu luput dari perhatian sang pengendara mobil. Bahkan beberapa orang terkadang mengabaikan kondisi ini karena mereka sudah rutin mengganti oli setiap bulannya. Masalah ini sebenarnya dapat terjadi dikarenakan jenis oli yang tidak sesuai dengan spesifikasi mobil. Selain itu jumlah oli yang terlalu banyak ataupun terlalu sedikit sehingga tidak sesuai dengan standar volume juga dapat mengakibatkan lampu terus menyala. Atau bahkan sensor dan katup peranti sudah mengalami kerusakan.

 

  • Mesin Sulit Dinyalakan Saat Kondisi Panas

 

Hal ini sering menimpa mobil dengan kondisi mesin yang sudah tua. Sehingga akan mengalami masalah dalam alat pendingin mesin yang sudah tidak terlalu berfungsi. Mesin yang sulit dinyalakan saat kondisi panas biasanya mengalami masalah pada bagian kompresi silinder yang terlalu rendah atau bahkan kondisi injeksi yang kotor. Kondisi saringan udara yang kotor dan tersumbat juga dapat mengakibatkan mesin susah dinyalakan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *