Home » Tips dan Trik » 4 Tips Modifikasi Ringan mobil dengan Dana Terbatas

4 Tips Modifikasi Ringan mobil dengan Dana Terbatas

Terkadang para pemilik kendaraan bermotor, khususnya roda empat merasa tidak puas dengan tampilan kendaraannya. Agar berbeda, biasanya mereka akan melakukan modifikasi. Namun, biaya modifikasi tidaklah murah, terlebih bagi yang ingin tampil dalam sebuah kontes. Untuk mengejar hal tersebut, siap-siap merogoh dompet sedalam-dalamnya. Tapi Anda tak perlu khawatir, beberapa tips modifikasi  berikut ini bisa di terapkan  Meski dana terbatas yang penting tujuan tampil berbedanya dapat.

4 Tips Modifikasi Ringan mobil dengan Dana Terbatas

Tentukan Tema

Menentukan tema menjadi tips modifikasi yang pertama. Terdapat beberapa tema modifikasi yang bisa diadopsi. Mulai dari JDM (Japanese Domestic Market), Retro, Balap, Offroad, dan lain sebagainya. Dari sini, barulah Anda bisa mengira-ngira kisaran biaya yang nanti akan dikeluarkan. Mengingat banyaknya tahapan dalam proses modifikasi maka, lebih baik jika dilakukan secara bertahap. Hal ini sekaligus kiat dalam menyesuaikan dana modifikasi yang dimiliki.

Modifikasi Bodi Mobil

Merubah tampilan eksterior menjadi Tips modifikasi yang kedua. Umumnya tampilan Mobil standar sudah pasti biasa saja. Hal inilah yang membuat pemiliknya ingin merubah tampilannya agar berbeda. Jika yang diinginkan hanya sekadar mengubah tampilan, bisa dilakukan dengan menambahkan berbagai aksesori di bagian depan dan belakang. Untuk modifikasi yang tepat bagian bodi adalah menambahkan aero kit, mulai dari bumper bagian depan hingga ducktail di bagian belakang. Untuk waktu pengerjaannya biasanya hanya membutuhkan waktu sekitar 3-4 hari.

Modifikasi Pelek Mobil

Bagian pelek menjadi Salah satu bagian yang paling sering dilirik modifikator saat mengubah tampilan mobilnya. Biasanya, pelek standar bawaan pabrikan berukuran 13 inci sampai 15 inci dengan model yang seragam. Sehingga, para pemilik kendaraan biasanya mengincar pelek terlebih dulu untuk dilakukan penggantian. Harga satu set pelek sendiri tergantung model dan merek. Bagi yang ingin mengganti pelek, segera siapkan budget kisaran Rp 8.5 juta sampai Rp 16 juta.

Modifikasi Audio Mobil

Setelah eksterior, saatnya bermain di bagian interior. Audio mobil menjadi bagian interior yang biasanya dijamah untuk modifikasi. Kualitas Audio standar bawaan sudah pasti memiliki kualitas yang kurang mumpuni oleh karena itu, lakukan penambahan aksesoris audio atau bahkan lakukan penggantian agar kualitas suara menjadi semakin bagus.

Mengenai harga, cukup bervariatif berdasarkan merek dan konsep audio yang ingin dibangun. Untuk mobil harian, dana yang perlu disiapkan biasanya berkisar Rp 3.8 juta sampai Rp 8 juta. Sementara untuk mobil kontes tentu saja harganya cukup fantastis. Untuk waktu pengerjaan pada mobil harian sekitar 3-4 hari kerja.

Jadi, sekarang Anda sudah memiliki gambaran berapa banyak isi dompet yang harus terkuras untuk mulai modifikasi kendaraan? Modifikasi memang mahal. Jadi, agar efektif lakukan modifikasi tersebut secara bertahap. Tentukan bagian mana yang ingin dimodif terlebih dahulu.  Setelah selesai satu step, barulah melangkah ke step berikutnya. Tapi, ingat jangan sampai kebablasan dan membuat kantong Anda jebol.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *