Home » Perawatan Mobil » 5 Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Lincah

5 Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Lincah

Memiliki mobil tua merupakan salah satu hobi yang banyak dilakukan oleh beberapa orang. Mereka beranggapan bahwa semakin tua suatu kendaraan maka semakin banyak kenangan yang tersimpan di dalamnya. Sehingga mereka enggan menjualnya atau bahkan mengandalkannya. Berikut ini akan disampaikan beberapa cara guna merawat mobil yang sudah rentan termakan usia agar selalu memiliki performa lincah seperti layaknya mobil muda.

5 Cara Merawat Mobil Tua Agar Tetap Lincah

Mengecek Mesin Mobil Secara Teratur

Semakin tua kondisi mesin suatu kendaraan maka akan semakin riskan rusak ataupun mogok. Sehingga hal rutin yang harus dilakukan setiap bulannya mengecek mesin mobil secara rutin. Kondisi mesin yang semakin tua juga akan menyebabkan performa menurun sehingga sangat diperlukan pengecekan rutin.

Pemakaian Oli Dan Bahan Bakar

Mesin suatu kendaraan jika dipakai selama kurun waktu lama atau sampai 10 tahun pastinya membutuhkan asupan oli dalam jumlah yang ekstra agar peformanya tetap terjaga. Lakukan pengisian bahan bakar secara teratur untuk menghindari pengeroposan pada bagian tangki. Selain itu gunakan bahan bakar non subsidi.

Memperhatikan Kabel, Ring dan Juga Karet Penyangga

Jangan sampai Anda melalaikan komponen-komponen penting seperti kabel, ring dan juga karet penyangga. Perhatikan keadaan kabel apakah ada yang terkelupas. Jika terdapat kabel yang terkelupas sebaiknya segera diganti agar tidak terjadi konsleting. Untuk ring perhatikan pula kondisinya, apabila ring sudah berkarat dan daya tahannya lemah sebaiknya ganti dengan ring baru. Karet penyangga yang terdapat di pintu sering mengalami kondisi robek sehingga harus selalu diperhatikan dan diperiksa.

Memperhatikan Kondisi Ban dan Velg

Lakukan pemeriksaan ban secara berkala dan rutin dikarenakan ban merupakan bagian penting dari sebuah mobil. Ban mobil dengan keadaan gundul dan tipis akan berakibat fatal kepada pengemudi. Jika mobil tidak digunakan ada baiknya melepaskan keempat ban dari posisinya. Jangan lupa untuk selalu mengecek kondisi tekanan angin yang terdapat di dalam ban. Mobil tua yang Anda miliki harusnya memiliki performa di bagian tie rod, ball join, bushing arm, karet stabilizier dan suspense.

Membersihkan Mobil Secara Teratur

Tidak ada badan Anda yang harus selalu dibersihkan, tempat tinggal dan kendaraan yang biasa menemani hari-hari Anda harusnya rutin dibersihkan. Kendaraan roda empat yang Anda miliki harusnya dibersihkan secara menyeluruh. Tidak hanya bagian luarnya saja namun juga bagian dalam yang dapat terjangkau untuk dibersihkan. Sebaiknya mobil dibersihkan dalam kurun waktu seminggu sekali dengan menggunakan sampo khusus untuk mobil. Jangan sampai menggunakan sabun yang dapat merusak cat mobil. Pastikan tidak ada bagian mobil yang bocor ataupun tembus air, karena keberadaan air di dalam mobil ataupun di bagian tersembunyi mobil dapat menyebabkan konsleting.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *