Sebagian banyak orang memiliki hobby untuk mengoleksi kendaraan tua, bukan sekedar hobby namun ini bisa menjadi sebuah peruntungan untuk dapatkan uang. Tak heran jika sebagian banyak orang yang memiliki uang, lebih senang membelikannya mobil atau motor antik yang usianya sudah sangat tua. Bahkan tak muncul lagi di pasaran. Hanya saja kendaraan tua apalagi yang antik tentunya berbeda dibandingkan dengan yang masih baru. Khususnya adalah dari segi perawatan mobil tersebut. Mesin-mesin yang ada di dalamnya memiliki kondisi usang.

Kendaraan yang sudah tua, apalagi dengan usia di atas 50 tahun memiliki karakteristik yaitu mesin yang tarikannya lebih berat. Namun mobil yang sudah tua belum tentu bisa menjadi mobil klasik yang harganya bisa naik hingga ratusan juta rupiah. Untuk membuat kendaraan tua Anda bisa tetap nyaman dikendarai dan juga tampilannya lebih optimal, maka berikut ini ada sedikit tips dalam perawatan mobil tersebut, diantaranya adalah:

Baca Juga: Tips Perawatan Mobil Matic Bagi Wanita

  1. Jauhkan dari sinar matahari secara langsung, jika terlalu sering terkena sinar matahari akan membuat bagian cat luar dari kendaraan Anda semakin kusam, apalagi yang usianya memang sudah tua. Itulah mengapa dianjurkan bagi yang memang senang mengoleksinya harus memiliki bagasi khusus yang kondisinya tertutup dari sinar matahari secara langsung. untuk menjaga tampilan kendaraan Anda tetap dalam kondisi yang baik.
  2. Sering-sering perhari catnya, bagian yang tak kalah penting untuk dirawat adalah cat, mobil yang tua umumnya memiliki cat yang kondisinya sudah tak mulus lagi, bahkan untuk beberapa bagian sudah tergores hingga mengkarat, sehingga untuk membuatnya tetap cantik, maka Anda harus sering-sering membawanya ke bengkel untuk lakukan pengecatan ulang.
  3. Ganti oli secara lebih sering, tak kalah penting untuk menunjang tarikan yang lebih kencang, maka sering-seringlah mengganti oli, kenyataannya adalah oli pada mesin yang sudah tua lebih mudah kering dibandingkan dengan mobil yang masih baru. Pilihlah oli terbaik untuk mengurangi gesekan antar mesin tersebut.
  4. Mempercantik bagian dashboard, agar terlihat lebih hidup maka Anda bisa melakukan pembaharuan pada dashboard dari kendaraan tersebut. Bagian yang sudah lecet atau mengelupas bisa terlihat lebih cantik jika Anda bersihkan secara teratur dan berikan sedikit sentuhan seni di dalamnya.
  5. Sering-sering untuk mencucinya, apalagi jika digunakan pada saat hujan deras, air hujan mengandung asam yang kadarnya tinggi, sehingga bisa memicu terjadinya pengkaratan, apalagi untuk mobil tua, sehingga setelah digunakan pada kondisi hujan, maka alangkah baiknya bagi Anda untuk segera mencucinya.

Mudah bukan, cukup dengan 5 langkah perawatan mobil tersebut, maka kendaraan tua Anda akan terlihat lebih bagus juga memiliki tarikan yang lebih nyaman.

 

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *