Home » Tips dan Trik » 5 Tips Beli Mobil Bekas

5 Tips Beli Mobil Bekas

Mobil adalah salah satu jenis kendaraan yang banyak digunakan untuk keperluan sehari-hari. Namun sayangnya harga mobil lebih mahal, jadi tidak semua orang bisa membelinya. Jika Anda mendambakan memiliki mobil solusinya bisa beli mobil bekas.

Walaupun kondisinya bekas, Anda bisa mendapatkan mobil yang berkualitas jika memilihnya tertib dan teliti. Berikut adalah beberapa hal yang bisa diterapkan jika Anda membeli mobil bekas.

  • Tempat Pembelian

Sekarang banyak tempat yang menjual beragam jenis dan merk mobil. Sebaiknya Anda perhatikan tempat pembelian mobil tersebut. Anda bisa mendapatkan mobil langsung dari orangnya langsung (yang menjual mobil).

Kelebihan beli di showroom mobil adalah Anda bisa mendapatkan banyak pilihan, namun harga yang ditawarkan di showroom biasanya lebih mahal dibandingkan jika Anda langsung beli ke tangan pertama.

  • Periksa Eksterior Mobil

Memeriksa bagian dalam mobil adalah hal penting membeli mobil bekas. Ada beberapa bagian yang harus dicek adalah bagian bodynya. Perhatikan apakah bodynya terdapat goresan atau rusak, apakah ada yang pecah atau retak.

Baca Juga:Mobil Bekas Berpenampilan Kurang Menarik? Modifikasi Kembali Menjadi Seperti Mobil Baru!

Periksa bagian lampu, kaca. Coba nyalakan lampunya apakah cahayanya terang atau tidak. Atau sudah tidak menyala lagi. Jangan lupa untuk cek kondisi ban mobil apakah kondisinya masih bagus atau sudah aus. Coba lihat bagian kolong mobil apakah terdapat karatan atau keropos.

  • Periksa Performa Mobil

Performa adalah bagian mobil yang tidak boleh terlewati pengecekannya. Untuk mengecek performa hidupkan mesin untuk mengetahuinya. Apabila mesin performanya masih bagus suaranya yang terdengar mulus dan tidak kasar.

Performa yang masih bagus juga bisa diketahui saat menstrater mesin, lebih mudah dan lancar. Coba tes dive, mengoper gigi dan pastikan oper gigi berjalan dengan lancar pula. Coba jalankan mobil dan pastikan mobil berjalan dengan mulus, jika terasa berat saat dibelokkan sebaiknya Anda pikirkan kembali untuk membelinya.

Saat melakukan tes drive sebaiknya lakukan bersama penjual agar penjualnyapun bisa mengetahui kondisi mobil.

  • Periksa Interior, Aksesoris Mobil

Setelah selesai cek bagian eksteriornya, tidak ketinggalan cobalah cek bagian interior mobil. Bagian interior yang harus teliti di cek seperti: AC, karpet, kualitas jok dan langit-langit mobil.

Cobalah duduk di jok, tarik ke bagian belakang dan depan lalu cek kualitas pelapis jok. Jangan lupa tarik turunkan kaca apakah macet atau tidak. Cek pila tombol wiper, lampu dalam, lampu rem, lampu depan, radio dan asesoris tambahan lainnya yang terdapat dalam mobil.

  • Kelengkapan Surat-Surat

Surat-surat kendaraan adalah hal penting yang harus Anda perhatiakan. Pastikan surat-suratnya lengkap dan asli, seperti: BPKB dan STNK.  Teliti sebelum membeli wajib dilakukan sebelum Anda membeli mobil bekas. Hal ini dapat menghindari menyesal kemudian. Semoga dengan pembahasan artikel ini dapat membantu Anda mendapatkan mobil bekas yang sesuai dengan harapan dan impian Anda.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *