Home » Tips dan Trik » 5 Tips Membuat Mobil Warna Hitam Jadi Lebih Kilap

5 Tips Membuat Mobil Warna Hitam Jadi Lebih Kilap

Merawat mobil bukan hanya tentang menjaga performa mesinnya saja, namun eksterior atau body mobil juga perlu Anda perhatikan. Meski tidak berpengaruh secara langsung terhadap ketangguhan mobil, tetapi tampilan luar mobil yang kotor dan penuh baret akan membuat penampilan kendaraan Anda jadi tidak menarik.

5 Tips Membuat Mobil Warna Hitam Jadi Lebih Kilap

Oleh karena itu, Anda perlu melakukan perawatan pada body mobil, salah satunya dengan membuat cat mobil terlihat mengkilap setiap saat. Namun, perawatan cat mobil memiliki beberapa perbedaan, tergantung dari warna mobil Anda. Misalnya saja cat mobil warna hitam yang memiliki lapisan cat dan pernisnya yang lebih tipis dibanding warna lainnya sehingga dibutuhkan perawatan yang baik dan benar. Berikut ini ada cara khusus dalam mengilapkan cat mobil berwarna warna hitam yang bisa Anda lakukan.

Rajin Mencuci Mobil

Akan lebih baik jika Anda rajin mencuci mobil warna hitam Anda, minimal seminggu sekali agar mobil tersebut bisa terlihat lebih mengkilap dan menawan. Selain itu, mencuci mobil sendiri lebih baik dibandingkan dengan membawanya ke tempat cuci mobil karena dengan itu Anda bisa membersihkan kotoran yang menempel pada setiap sudut mobil. Mencuci mobil sendiri juga bisa membuat biaya pengeluaran lebih hemat.  

Cuci Mobil di Saat Pagi Atau Sore Hari

Waktu mencuci mobil juga bisa mempengaruhi kondisi body mobil warna hitam Anda. Untuk waktu terbaik dalam mencuci mobil, sebaiknya pilih waktu yang kondisinya tidak terlalu panas, seperti pada pagi atau sore hari. Selain itu, juga pastikan Anda menggunakan lap yang berbahan microfiber untuk mengelap body mobil sampai benar-benar kering. Hal ini dilakukan agar jamur yang kemungkinan dapat berkembang pada body mobil bisa dicegah dengan cepat.

Perhatikan Teknik Mengelap

Saat Anda mengelap mobil, sebaiknya lakukan teknik dengan gerakan yang searah. Alasannya agar terhindar dari timbulnya baret pada permukaan mobil warna hitam Anda. Untuk itu, lakukan dengan hati-hati dengan menggunakan lap khusus agar kotoran dapat mudah terambil seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya.  

Hindari Penggunaan Sabun Berbahan Deterjen

Banyak orang yang kerap menggunakan detergen atau sabun pencuci piring untuk mencuci mobil mereka. Padahal sifat kimiawi yang ada dalam deterjen tersebut dapat membuat lapisan cat mudah kusam, terutama pada mobil warna hitam. Untuk itu, pilihlah sabun atau shampo yang khusus diperuntukkan dalam mencuci mobil, misalnya shampo mobil berbahan dasar air yang kini banyak ditemukan di pasaran.

Pastikan Mobil Benar-benar Kering Sempurna Setelah Dicuci

Setelah mencuci mobil, jangan terburu-buru langsung memakainya. Pastikan dulu jika mobil yang sudah Anda cuci sudah dalam kondisi yang benar-benar kering. Khususnya mobil warna hitam yang catnya cenderung bisa memunculkan bintik-bintik bekas air saat mobil tidak dikeringkan secara sempurna.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *