Home » Tips dan Trik » 6 Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir yang Penting Untuk Diketahui

6 Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir yang Penting Untuk Diketahui

Mobil bekas kerap menjadi pilihan saat seseorang ingin memiliki mobil namun hanya memiliki budget yang minim. Namun, saat membeli mobil bekas Anda harus teliti memeriksa keadaan mobil agar nantinya Anda tidak merasa kecewa sebab ternyata mobil pilihan Anda tersebut adalah mobil bekas banjir.

6 Ciri-ciri Mobil Bekas Banjir yang Penting Untuk Diketahui

Yang perlu Anda ketahui bahwa mengenali mobil yang pernah terendam banjir tidak semudah yang dibayangkan. Pasalnya tak sedikit pedagang atau oknum tidak profesional berusaha untuk menutupi ciri-ciri tersebut dengan melakukan modifikasi pada bagian tertentu. Agar Anda tidak tertipu, silahkan simak ulasan mengenai ciri-ciri mobil bekas banjir berikut ini.

Bekas Endapan Lumpur Interior Mobil

Ciri pertama yang tampak pada mobil bekas banjir adalah adanya endapan lumpur atau pasir yang Anda temukan pada panel interior mobil semisal bagian sudut yang sempit. Tak hanya itu saja, untuk memastikan jika mobil tersebut bukanlah mobil yang pernah terendam banjir adalah memeriksa kabin mobil, apakah ada komponen yang Anda rasa ganjil atau tidak sesuai dengan bagian interior mobil pada umumnya.

Noda Bercak Lumpur dan Air

Umumnya mobil bekas banjir akan meninggalkan noda bekas air dan lumpur berupa kerak atau bercak beberapa sudut kabin mobil. Bekas rendaman banjir juga bisa Anda temukan dengan karet pintu. Caranya mudah, tarik karet yang ada pada bagian pintu mobil dan periksa apakah ada lumpur, pasir atau material lainnya sisa dari rendaman banjir yang tertinggal di sana.

Bau Apek Atau Tidak Sedap

Saat Anda membuka kabin mobil dan mencium aroma tidak enak, seperti bau lumpur, maka sudah pasti itu merupakan mobil bekas banjir. Pasalnya air atau lumpur yang menggenangi kabin saat banjir akan langsung meresap ke dalam busa jok sehingga bau tersebut sulit sekali untuk hilang meski mencucinya berulang kali. Cara lain yang ampuh untuk memeriksanya adalah dengan mengangkat karpet dan seluruh bagian mobil yang sulit kering, seperti di area sekitar jok dan pastikan tidak ada bau lumpur yang tercium di sana.

Harga Terlalu Miring

Jangan mudah tergiur dengan harga mobil yang sangat murah dari harga pasaran, karena besar kemungkinan mobil tersebut adalah mobil bekas banjir. Oleh karena itu, untuk melakukan langkah pencegahan sebaiknya bandingkan mobil tersebut dengan harga mobil yang ditawarkan oleh penjual lain.

Tromol Mobil Berkarat

Memeriksa bagian bawah mobil terutama pada bagian tromol adalah cara terampuh untuk memeriksa apakah mobil tersebeut merupakan mobil bekas banjir. Pastikan jika tromol mobil tidak mengalami karat yang cukup signifikan.

Terdapat Embun

Periksa juga dengan teliti apakah ada bekas uap air pada kaca di dalam lampu, baik lampu depan maupun lampu belakang mobil. Bila Anda menemukan uap air atau embun di sana padahal tidak ada retakan atau pecah pada kaca lampu, maka kemungkinan besar mobil tersebut adalah mobil bekas banjir.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *