Home » Perawatan Mobil » 6 Panduan dan Tips Membersihkan Mesin Mobil

6 Panduan dan Tips Membersihkan Mesin Mobil

Mesin MobilTentunya sebagai pengendara  mobil, kita ingin kalau mobil kita berjalan dengan maksimal dan tanpa ada gangguan. Karena kalau ada gangguan pada mobil kita, hal tersebut akan menganggu kita dalam perjalanan. Untuk itu, kita harus sering-sering mengontrol dan melakukan perawatan mobil kita setiap waktu dan setiap saat.

Dalam kesempatan kali ini kami akan share bagaimana panduan dan tips  membersihkan mesin mobil dengan benar dan tepat. Berikut ulasannya:

#1. Untuk membersihkan mesin mobil yang benar dan tepat adalah  di saat mobil Anda dalam keadaan hangat bukan sedang mesin dalam keadaan panas.  Caranya kita perlu memanaskan mesin pada mobil Anda sebentar.

#2. Ada 3 jenis pembersih untuk melakukan perawatan pembersihan pada mesin mobil Anda.

  • Pertama: dengan menyemprotkan cairan khusus khusus mesin yakni engine clean yang berfungsi untuk menghilangkan berbagai macam debu, kotoran, oli gemuk.
  • Kedua: setelah itu,Anda bisa menggunakan kuas setelah dilakukan semprotan dengan cairan engine clean. Setelah itu, Anda bisa mengguyurnya

Dengan air bersih secara perlahan-perlahan, tapi ingat mesin dalam keadaan hangat bukan panas ya.

  • Ketiga: lalu Anda bisa menyemprotkan Engine Dressing supaya warna pada mesin mobil Anda semakin bersih mengkilap. Tunggu sampai 10 menit sambil kap mesin ditutup. Setelah itu barulah Anda bersihkan dengan kain atau lap secara perlahan-laham.

#3. Sebaiknya saat melakukan pembersihan atau perawatan pada mesin, Anda harus perhatikan beberapa komponen aspek penting agar, tidak membahayakan atau merusak mesin mobil Anda,  seperti komponen kelistrikan, karet dan logam. Anda harus detail pada komponen tersebut. Agar tidak terjadi kerusakan yang fatal. Karena komponen tersebut sangat sensitif.

#4. Perawatan lainnya, usahakan jangan sampai ada air mentes melalui busi maupun komponen  elektronik mobil Anda.  Karena yang kita tahu, saat ini mobil sudah sangat  canggih, biasanya bergantung kepada komponen kelistrikan seperti ECU.

#5. Anda harus mempunyai waktu berkala dalam melakukan pembersihan pada mesin di mobil Anda. jangan sampai Anda menunda-nunda dalam melakukan perawatan, apabila di rasa sudah terlalu lama dalam melakukan perawatan sebaiknya Anda segera melakukan cek berkala di bengkel atau individu.

#6. Dalam melakukan pembersihan Anda jangan mementingkan aspek bagian luarnya saja. Tapi juga harus melakukan perawatan pada komponen-komponen yang penting, agar tetap terawat dan terhindar dari kerusahakan. Usahakan dalam membersihkan bagian mesin, pakaian cairan yang memang khusus untuk mesin. Itupun harus hati-hati dalam menyemprotkan cairan tersebut.

Semoga tips kali ini bermanfaat bagi Anda, dan bisa Anda jadikan bahan referensi agar mobil Anda tetap bagus perawatannya. Karena kita semua menginginkan kenyamanan saat berkendara.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *