Home » Tips dan Trik » 7 Cara Mudah agar Bensin Irit

7 Cara Mudah agar Bensin Irit

Memiliki kendaraan pribadi adalah dambaan setiap orang. Namun tahukah Anda bahwa dengan memiliki kendaraan baru sama halnya Anda menambah jumlah pengeluaran. Hal ini disebabkan setiap kendaraan pribadi harus dilakukan pengisian bahan bakar. Apabila Anda memilih bahan bakar seperti Pertamax maka biaya yang harus Anda keluarkan pun menjadi cukup besar. Lantas bagaimana cara bisa mendapatkan bensin irit pada kendaraan Anda? Simaklah artikel berikut ini.

7 Cara Mudah agar Bensin Irit

Lakukan Beberapa Cara Ini Untuk Menghemat Bahan Bakar

Bensin irit pada kendaraan merupakan salah satu langkah yang ingin ditempuh sebagian orang agar jumlah pengeluarannya tidak membengkak. Banyak cara yang bisa Anda lakukan. Cobalah beberapa tips di bawah ini.

Hindari Mengerem Secara Mendadak

Pada saat berkendara, tidak jarang Anda melakukan pengereman secara mendadak pada situasi tertentu. Sebenarnya cara seperti ini adalah salah satu jalan yang bisa menambah pemborosan pada bensin yang digunakan kendaraan. Bensin akan terbuang sia-sia saat mengerem secara mendadak dan apabila dilakukan secara terus menerus jumlah bensin yang terbuang semakin banyak.

Atur Kecepatan Berkendara

Mengendarai mobil maupun motor dengan kecepatan tinggi justru tidak akan menambah bensin irit Anda tetapi sebaliknya. Cara yang bisa Anda lakukan adalah berkendara dengan kecepatan yang stabil terutama saat kendaraan distarter. Hal ini akan membuat kendaraan Anda tidak membuang BBM secara drastis.

Hentikan Penggunaan AC Berlebihan

Suhu udara dingin di dalam mobil memang membuat siapa pun di dalamnya menjadi nyaman apalagi di tengah suasana jalanan yang ramai. Ternyata hal ini membuat bensin Anda lebih boros. Untuk meminimalisir, matikan AC saat sudah malam dan sedikit buka jendela mobil Anda.

Pastikan Tekanan Udara pada Ban Cukup

Mungkin Anda belum tahu jika tekanan ban kendaraan Anda cukup itu sama halnya Anda membuat bensin irit hingga 3%. Sebaliknya, jika tekanan kurang jumlah bensin yang terbakar semakin besar karena mesin mobil akan bekerja lebih keras agar mampu mendorong kinerja mobil. Anda bisa memastikan tekanan ban sebelum bepergian.

Matikan Mobil Saat Macet

Kemacetan yang parah namun Anda tetap menyalakan mesin, hal ini akan membuat bensin Anda semakin menipis karena mesin terus menyala namun mobil tidak bergerak. Untuk melakukan penghematan sehingga bensin irit, Anda bisa mematikan mesin sementara waktu sembari menunggu lalu lintas mulai bergerak.

Istirahatkan Mobil Saat Perjalanan Panjang

Mobil yang terus-terusan menyala mesinnya dan telah menempuh perjalanan jauh dikhawatirkan ia akan overheating. Jika hal ini sudah terjadi maka tekanan mesin semakin besar dan membuat kendaraan Anda memakai bensin yang lebih banyak. Jika perjalanan cukup jauh, Anda bisa beristirahat sejenak sembari mendinginkan mesin.

Merawat Komponen Mobil

Apabila proses pembakaran baik, maka mesin akan memiliki kinerja yang juga baik. Sehingga penggunaan bahan bakar lebih optimal dan Anda bisa menggunakan bensin irit. Salah satu caranya adalah Anda bisa melakukan perawatan secara berkala pada komponen mesin dan komponen mobil lainnya.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *