Home » Perawatan Mobil » 8 Panduan Dasar Melakukan Perawatan Mobil di Atas 5 Tahun

8 Panduan Dasar Melakukan Perawatan Mobil di Atas 5 Tahun

Apa Anda ingat, kapan Anda membeli mobil Anda? Sudah berapa tahun Anda mempunyai dan memiliki mobil Anda saat ini. Jika sudah di atas 5 tahun, Anda harus ekstra dalam melakukan perawatan mobil kesayangan Anda.  Harus ada keseriusan dalam melakukan perawatan dini. Merawat mobil yang masih baru dengan mobil yang sudah di atas 5 tahun tentu berbeda penangangan. Anda harus membutuhkan tips dan trik panduan dasar yang akan kami informasikan kepada Anda. Seperti dalam ulasan sebagai berikut.

8 Panduan dasar melakukan perawatan mobil di atas 5 tahun:

Panduan pertama: jika mobil Anda bertransmisi manual hal yang harus Anda cek dan perhatikan adalah memeriksa timing, kaki-kaki mobil, kopling dan tali kipas. Yang biasanya penyebab kendala dasar mobil matic yang sudah di atas 5 tahun.

Panduan kedua: Jika mobil Anda bertransmisi matic, yang harus Anda selalu cek dan perhatikan dengan serius, adalah Oli. Ceklah Oli pada transimisinya. Karena peran oli cukup penting, agar mobil Anda tidak seret dan kopling mobil matic Anda terhindari gesekan-gesekan yang berbunyi kasar jika sedang berkendara. Ceklah segera, ke bengkel kesayangan Anda.

Panduan ketiga: Ceklah juga kondisi angin pada ban Anda secara berkala, dari usia ban, tekanan dan ketebalan pada mobil Anda. Karena kalau Anda luput memperhatikannya Anda bisa saja mengalami kecelakaan diakibatkan ban mobil Anda kurang angin. Hindari lubang-lubang jalan yang kasar, untuk menjaga intensitas ban Anda. Untuk itu, saran kamia kalau sudah jelek ketebalan dan tekanan ban Anda. Lebih baik segera diganti.

Panduan keempat: melakukan perawatan mobil kurang lengkap rasa-rasanya kalau Anda tidak melakukan pergantian oli secara berkala. Jika Anda luput dalam melakukan pergantian oli. Maka yang terjadi kerusakan pada mesin Anda.

Baca Juga: Tips dan Cara Jitu Dalam Perawatan Mobil Matic Untuk Pemula

Panduan kelima: Jika mobil Anda sudah di atas 5 tahun, Anda juga harus rutin dalam memperhatikan dan mengecek salah satu komponen mobil Anda yakni knalpot. Pastikan gas buangan di knalpot mobil Anda keluar dan mengalir dengan maksimal dan baik.

Panduan keenam: Lakukan pemerikasaan pada minyak pelumas mobil Anda secara rutin. Hal ini cukup penting dilakukan, untuk menghindari kerusakan pada mobil Anda. Seperti rem, cairan transmisi, power steering dll. Minyak pelumas sangat berfungsi sebagai kelancaran komponen mesin mobil Anda.

Panduan ketujuh: Jangan lupa melakukan perawatan steam bagian luar dan dalam mobil Anda. Karena bagaimanapun, mobil butuh dibersihkan secara berkala. Maksimal sebulan sekali. Agar mobil Anda terhindar dari debu yang menempel dan merusak interior maupun ekterior mobil Anda.

Panduan kedelapan: Yang terakhir adalah senantias memperhatikan wiper mobil Anda. Terlihat sepele, tapi ini cukup penting, agar kaca mobil Anda senantiasa bersih dan mengkilap.  

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *