Home » Tips dan Trik » AC Mobil Anda Sering Tidak Dingin? Mungkin Beberapa Kebiasaan Inilah yang Menjadi Penyebabnya!

AC Mobil Anda Sering Tidak Dingin? Mungkin Beberapa Kebiasaan Inilah yang Menjadi Penyebabnya!

Cuaca di Indonesia memang sudah terkenal sangat panas, terutama di beberapa daerah seperti Ibu Kotanya, pastinya hawa akan semakin panas mengingat sekarang ini kendaraan sudah semakin meningkat dan menyebabkan panas serta polusi. Namun, jika Anda mengendarai mobil, maka pastinya Anda tidak perlu lagi kebingungan atau pun merasa terganggu dengan cuaca panasnya Indonesia. Tetapi, hal ini akan berbeda jika Anda tidak merawat komponen AC mobil yang ada pada setiap macam dan juga jenis mobil sekarang ini. Meski pun terlihat baik-baik saja dari luar, namun sebenarnya ada beberapa kemungkinan yang membuat komponen tersebut menjadi tidak dalam keadaan yang baik lagi. Salah satu yang menjadi penyebab utamanya adalah kebiasaan Anda ketika sedang mengendarai kendaraan tersebut. Secara sadar atau tidak sadar, ada beberapa kebiasaan buruk yang terus dilakukan oleh masyarakatnya sehingga membuat AC menjadi tidak dingin lagi. Berikut inilah beberapa kebiasaan buruk tersebut: 

AC Mobil Anda Sering Tidak Dingin? Mungkin Beberapa Kebiasaan Inilah yang Menjadi Penyebabnya!

  • Membuka Jendela

Memang tidak ada aturan yang mengatakan bahwa ketika Anda sedang menyalakan AC, maka tidak boleh membuka jendela. Hal tersebut tentu boleh Anda lakukan, namun sebaiknya jangan dilakukan lama-lama karena akan membuat komponen tersebut bekerja dengan lebih keras sehingga membuatnya lebih cepat rusak. Selain itu, dengan membuka jendela terlalu lama, maka komponen tersebut akan lebih mudah kemasukan debu dan juga kotoran yang berasal dari luar. 

  • Mematikan Mesin Terlebih Dahulu

Kebiasaan lainnya yang paling sering dilakukan oleh sebagian besar dari pengendara mobil adalah tidak mematikan AC mobil terlebih dahulu, namun mematikan mesin mobil ketika sudah selesai digunakan. Hal tersebut tentu akan membuatnya lebih cepat rusak dan bermasalah. Jika tidak dimatikan dengan benar, maka hal tersebut akan memberikan suatu hentakan yang besar pada koping dan akan mempengaruhi keawetan komponen tersebut. Biasakan untuk mematikan AC terlebih dahulu, barulah kemudian mematikan mesin. 

  • Merokok

Merokok di dalam mobil ternyata menjadi penyebab kerusakan AC yang juga paling sering ditemui di Indonesia. Dengan merokok, maka asapnya pun akan terhisap masuk ke dalam bagian blower AC dan tertumpuk pada bagian evaporatornya. Pastinya hal tersebut akan membuat kinerja beberapa komponen AC tersebut terganggu, begitu juga dengan kinerja AC, pastinya lambat laun akan terasa tidak dingin jika Anda melakukan kebiasaan buruk ini. 

  • Pengharum Mobil yang Tidak Tepat

Jika Anda ingin AC mobil memiliki usia yang lebih lama, maka lebih baik untuk menggunakan pengharum mobil dengan kualitas yang baik. Karena jika yang digunakan tidak berkualitas atau tidak tepat, maka hal tersebut akan membuat bagian evaporatornya menjadi cepat kotor. Anda pun akan dituntut untuk selalu membersihkannya agar nantinya tidak ada jamur yang tumbuh pada bagian tersebut dan tidak menimbulkan bau yang tidak sedap.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *