Home » Tips dan Trik » Apa Saja Untung Rugi Mempunyai Mobil Matic?

Apa Saja Untung Rugi Mempunyai Mobil Matic?

Mobil yang mengadopsi transmisi otomatis atau yang lebih dikenal dengan istilah mobil matic merupakan jenis mobil yang cukup banyak diminati di Indonesia selama satu dekade terakhir ini. Ada banyak alasan mengapa orang cenderung menyukai mobil bertipe matic ini. Salah satunya adalah karena kemudahannya dalam mengendarai. Ya, memang mengendarai mobil ‘metik’ ini memang tidak terlalu sulit, selain itu bisa lebih mendapatkan kenyamanan. Seperti yang kita ketahui bahwa menyetir mobil bertransmisi manual cukup melelahkan terutama jika untuk jarak yang cukup jauh dan melewati jalan menanjak. Namun sebelum Anda memutuskan untuk membeli mobil yang bertipe matic, ketahui dahulu untung-ruginya memiliki mobil jenis matic.

Berikut ini adalah beberapa keuntungan memiliki mobil matic:

  • Pengoperasian mudah dan tidak repot.

Mobil jenis otomatis atau matic ini memang lebih mudah dikendarai di jalanan. Bahkan untuk belajar mengendarai mobil tipe matic ini pun juga mudah, bisa dengan sekali dua kali belajar saja sudah bisa menjalankannya. Berbeda dengan mobil manual, tak hanya sulit dibuat belajar, mobil manual juga cukup susah dikendarai. Berbeda dengan matic yang tinggal menginjak pedal gas saja, mobil sudah dapat melaju. Sedangkan untuk mobil manual, Anda harus menginjak kopling, oper persneling lalu menginjak pedal gas.

  • Tidak mudah capek atau pegal dan nyaman digunakan di jalan ramai.

Jika Anda tinggal di wilayah yang sering sekali terkena macet, mobil memang bisa jadi pilihan yang sangat tepat karena Anda tidak akan mudah merasa capek dan pegal serta lebih nyaman dipakai bermacet-macet ria karena hal yang tadi sudah diungkapkan di atas, Anda tak perlu repot menginjak pedal kopling dan sering-sering oper persnelling.

 Baca Juga: 4 Kelebihan Mempunyai Mobil Matic Sebagai Kendaraan

Meski nyaman dan tidak cepat membuat pegal, mobil bertransmisi matic juga punya ‘minus’nya, seperti berikut ini:

  • Biaya perawatan mahal.

Umumnya, masih sedikit mekanik yang bisa menangani servis mobil bertipe matic, wajar jika servisnya lebih mahal. Selain itu, Anda juga wajib sering-sering mengganti oli mobil karena rotasi mesin pada mobil bertipe matic ini lebih sering daripada mobil manual. Oleh sebab itu, daya tahan olinya juga tidak lama. Ditambah lagi, suku cadangnya juga rata-rata lebih mahal.

  • Boros bahan bakar, tarikan kurang mantap.

Konsumsi bahan bakar pada mobil bertransmisi otomatis lebih boros daripada mobil manual. Hal ini dikarenakan rotasi mesinnya lebih sering dan tidak dapat diatur saat dipakai berkendara. Wajar bila konsumsi bahan bakarnya lebih boros. Selain itu, tarikan mobil matic kurang mantap karena tidak bisa engine brake yaitu semacam teknik pengereman yang dipadukan dengan penurunan gigi persnelling karena persnelling pada mobil ini hanya untuk maju dan mundur saja. Akselerasi mobil tipe matic juga kurang agresif karena tidak dapat memainkan kopling.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *