Home » Tips dan Trik » Awas, Perilaku Sederhana Ini Bisa Merusak AC Mobil Anda!

Awas, Perilaku Sederhana Ini Bisa Merusak AC Mobil Anda!

Mobil sering kali menjadi rumah kedua bagi orang yang memiliki aktivitas yang tinggi dan butuh kendaraan untuk dapat berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Tidak heran jika mobil ditata dan dirubah sedemikian rupa sehingga kendaraan beroda empat tersebut menjadi nyaman digunakan apalagi jika fitur tetap bisa digunakan secara maksimal misalnya AC pada mobil. Akan tetapi, perilaku sederhana ini bisa menyebabkan AC mobil Anda mengalami masalah bahkan jika freon bocor bisa menyebabkan masalah yang serius.

Perilaku pertama adalah mematikan mobil saat AC kendaraan roda empat Anda masih menyala. Tidak jarang dalam kondisi yang buru-buru, Anda segera mematikan mobil Anda dan tidak memeriksa bagian lain dari mobil misalnya apakah AC masih dalam kondisi yang menyala atau tidak. AC tetap menyala saat Anda mematikan mesin mobil dapat menyebabkan aki bekerja dengan ekstra keras sehingga menyebabkan aki tidak dapat bekerja secara maksimal. Jika hal tersebut terjadi berulang kali dapat menyebabkan sistem pelistrikan menjadi tidak stabil sehingga dapat menyebabkan sistem kelistrikan AC.

Kedua adalah merokok. Kebiasaan ini banyak dilakukan oleh pria apalagi jika dalam kondisi stress, banyak pikiran, macet dan penat. Merokok ternyata tidak hanya membuat kabin Anda menjadi tidak nyaman karena bau rokok yang tercium namun juga bisa membuat filter AC mobil menjadi kotor jika Anda merokok saat AC menyala. Karena hal tersebut, AC menjadi tidak bisa berfungsi maksimal dan pendinginan tidak sempurna.

Ketiga adalah membiarkan kabin Anda kotor. Saat mengendarai mobil tidak jarang, baik pengemudi atau penumpang, mengkonsumsi makanan ataupun minuman yang menghasilkan sampah misalnya bungkus snack. Karena tidak adanya tempat untuk membuang sampah maka dikumpulkan jadi satu di 1 plastik besar. Akan tetapi, lupa untuk tidak membuang sampah dan lupa tidak membersihkan kabin menyebabkan kabin kotor dan berdebu dan debu serta kotoran tersebut dapat masuk ke dalam filter AC. Hal tersebut dapat menyebabkan filter AC menjadi cepat rusak sehingga AC tidak dapat bekerja secara maksimal.

Kebiasaan sederhana yang lainnya yang dapat menyebabkan kerusakan pada AC mobil yang harus dihindari, yaitu:

  • Terjadinya perubahan suhu yang mendadak. Salah satunya adalah dengan langsung menyalakan AC sesaat setelah Anda masuk ke dalam mobil karena ingin mendinginkan badan atau ingin segera terbebas dari panas di luar ruangan, apalagi jika Anda memarkirkan mobil di tempat yang panas. Jika cara tersebut terus dilakukan, potensi AC rusak lebih besar. Untuk menghindarinya, buka jendela sekitar 10 menit sehingga ada sirkulasi dan pendinginan alami, baru kemudian nyalakan AC.
  • Membuka jendela mobil terlalu lama dan AC sedang menyala. Kebiasaan ini bisa menyebabkan compressor AC bekerja lebih berat sehingga menyebabkan resiko AC rusak juga lebih tinggi.
Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *