Home » Perawatan Mobil » Beberapa Mobil Listrik  Terbaru

Beberapa Mobil Listrik  Terbaru

Ketika terjadi krisis energi  tahun 1970-an, dunia otomotif mulai berpikir untuk mencari alternatif bahan bakar. Mobil listrik sempat menjadi wacana dunia otomotif saat itu. Percobaan pengembangan sudah dilakukan tapi baru sebatas prototype saja. Baru sekitar tahun 2000-an, pelaku industri otomotif mulai benar – benar serius memikirkan mobil berbahan bakar listrik ini. Sekarang perkembangannya sudah lumayan pesat. Produsen – produsen mobil dunia berlomba – lomba mengembangkannya. Anda ingin tahu perkembangannya. Berikut beberapa mobil listrik terbaru.

BMW i8 Roadster

Mobil listrik produksi BMW ini memang mempunyai desain yang sangat elegan. Dengan atap yang bisa ditutup dan buka ini memberi kesan mewah. Resmi diluncurkan pada pameran mobil di LA. Atapnya bisa menutup atau membuka dengan hanya membutuhkan waktu 16 detik saja. Untuk sumber energinya menggunakan lithium –ion  baru yang berada dibagian bawah bodi mobil dibawah kabin penumpang. Dengan kapasitas selnya ditingkatkan dari 20 Ah menjadi 34 Ah. Dengan peningkatan tersebut menghasilkan ennergi 11,6 kWh, dengan 9,4 kWh  energi yang bisa digunakan. Ini merupakan peningkatan dari sebelumnya yang hanya 7,1 kWh.

Ini berdampak pada  kemampuan dayanya sebesar 12 horse power  sampai dengan 141 horse power, dengan torsi 105 kW dan  torsi 184 pund feet (249 Nm). Ini juga berarti 0 -60 mph (0-92 k/jam)kali 4,4 detik waktu yang dibutuhkan oleh Roadster. Cukup menjanjikan. Apalagi dengan kecepatan yang meskipun dibatasi mencapai 155 mph (249 km perjam). Roadster mempunyai jarak tempuh 18 mil.

Polestar 1

Mobil listrik produksi Volvo ini memiliki desain yang simpel elegan.  Mobil ini mempunyai  3 sumber bahan bakar penggerak yaitu motor listrik, mesin bensin dan Integrated Stater Generator (ISG) yang menghasilkan 600 ph dan torsi 1000 Nm.

Dua motor listrik menggerakan roda belakang dengan masing – masing motor listrik memberikan tenaga maksimum 80 kW atau 109 horse power. Tenaga tersebut dihasilkan dari gabungan tenaga 160 kW (218 hp) dan torsi 480 Nm pada roda belakang.  Dengan 3 sumber energi  yang memasok mobil ini, tidak salah bila dikatakan mobil listrik ini termasuk mobil listrik yang layak diperhitungkan.

Audi E-tron Quattro

Audi tidak mau kalah dengan produsen lainnya dengan meluncurkan mobil listrik dengan konsep SUV sport mewah kelas atas. Audi ini menggunakan 3 mesin.  Satu motor listrik menggerakan poros depan dan dua lainnya menggerakan poros belakang dengan total output 320 kW. Mobil ini bisa mencapai peak performace 100 km/jam hanya dalam waktu 4,6 detik. Kecepatan maksimal mobil ini bisa mencapai  210 km / jam. Luar biasa.

Nah, anda memilih yang mana?

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *