Home » Aksesoris Mobil » Beragam Jenis TV Mobil

Beragam Jenis TV Mobil

Pada saat mengemudi mobil, mungkin ada waktu-waktu yang terasa monoton dan membosankan. Apalagi jika kita terjebak macet dan perjalanan masih panjang. Agar tidak merasa bosan di perjalanan tidak ada salahnya jika mobil dilengkapi dengan fasilitas TV mobil.

Pemasangan TV di dalam mobil akan membuat Anda seperti berada dalam ruangan pribadi. Berita sore atau mungkin film kegemaran bisa tetap dinikmati. Car audio video system berfungsi untuk menampilkan tayangan visual di dalam mobil melalui layar monitor LCD. Tayangan visual itu bisa berupa siaran televisi maupun tayangan video dari head unit audio mobil. Selain itu, tampilan dari sistem navigasi juga dapat dilihat melalui monitor TV tersebut.

Peralatan audio ini dibagi menjadi beberapa macam tergantung cara penempatannya, diantara adalah:

  • Dash In TV

Car Audio In dash TV adalah TV yang dikonstruksi untuk dapat dipasang pada dash-board kendaraan. Ada dua jenis yaitu single din dan double din. Jenis single din ini memiliki bentuk tipis sehingga bisa disembunyikan, karena itu saat parkir, bisa tidak terlihat. Untuk double din ini juga tipis, dan bisa dilepas bila tidak digunakan.

  • Roof TV

Roof TV adalah TV yang didesain untuk dapat dipasang di bawah atap atau langit-langit mobil, karena konstruksi seperti ini, biasanya bentuk peralatannya bisa lebih besar.

  • Sun Visor TV

Perangkat TV mobil jenis ini bisa dipasang pada pelindung matahari yang terletak di kursi depan mobil, baik kursi pengemudi atau penumpang depan.

  • Back Cushion TV

Head seat TV adalah TV yang dipasang pada bagian belakang kursi pengemudi. Biasanya dipasang di bagian head, agar penumpang yang duduk di kursi belakang dapat terhibur dengan menonton TV atau video dengan baik dan pengemudi mobil tidak terganggu.

Untuk perangkatnya sendiri ada media layer yang menjadi satu antara player dan layar dengan bentuk lebih sederhana, tetapi ada juga yang bentuknya terpisah. Menjadi 2 bagian, yaitu monitor khusus dan kombinasi player. Untuk TV yang modelnya terpisah ini lebih fleksibel dalam pemilihan tempat untuk pemasangannya.

  • Rear-View Mirror TV/Monitor

Perangkat TV ini adalah alat yang dipasang di bagian tengah kaca spion. Biasanya Monitor yang dipasang disini digunakan untuk mengontrol pada saat parkir. Monitor TV dihubungkan dengan kamera dan berfungsi aktif pada saat persneleng mobil dalam posisi gigi mundur. Selain untuk kontrol parking, juga bisa untuk melihat tayangan video jika dihubungkan dengan video atau DVD player.

Baca Juga : Tips membeli mobil yang hemat dan tepat

Dari jenis-jenis TV mobil yang ada, tentu Anda dapat memilih mana yang sesuai bagi Anda dan keluarga. Tetapi tentu Anda harus bijak juga dalam menggunakannya, jangan sampai terjadi kecelakaan hanya karena terlalu asyik menonton siaran kesayangan pada saat mobil sedang melaju.

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *