Home » Aksesoris Mobil » Berbagai Macam Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu HID Mobil

Berbagai Macam Kelebihan dan Kekurangan Menggunakan Lampu HID Mobil

Lampu Xenon atau yang sering disebut dengan lampu HID. Lampu ini merupakan teknologi yang terbaru dengan arus terukur dengan desain secara khusus untuk menciptakan sebuah efek cahaya yang begitu kuat, seringnya lampu HID ini dipergunakan untuk memodifikasi kendaraan agar mempunyai penyinaran yang sempurna, selain itu biasanya ia digunakan untuk mengembalikan performa lampu kendaraan yang disebabkan karena berkurangnya daya pemantulan reflector lampu, dengan cara mengganti bolamnya dengan menggunakan lampu HID. Lampu HID mobil memang membuat performa penyinaran menjadi lebih baik.

Ada berbagai macam jenis dari lampu HID yang berada di pasaran. Jenis lampu ini menyangkut beberapa model seperti model H1, 3, 4, 7, 8, 11, dan HB 3, 4. Perbedaannya yang cukup mencolok antara satu jenis dengan jenis yang lainnya ialah kedudukan bohlamnya untuk perangkat yang berfungsi menyediakan serta mengendalikan voltase yang sering disebut dengan ballast yang di desain pada semua tipe lampu Xenon.

Keinginan pengguna lampu HID mobil ini ialah agar lampu yang mereka pasang dapat meningkatkan performa penyinaran pada mobil yang mereka miliki, ini dikarenakan cahaya yang dihasilkan oleh lampu Xenon akan jauh lebih terang bila dibandingkan dengan lampu standar yang berasal dari bawaan mobil tersebut.

Sebenarnya lampu HID ini memiliki kekurangan, berikut kekurangan dari lampu HID dan cara mengatasi kekurangan tersebut:

  • Seringnya, efek cahaya yang dihasilkan oleh lampu terlalu besar, hal ini bisa menyebabkan terganggunya pengguna jalan yang lain, yang berada di arah berlawanan. Untuk menghindari hal ini, Anda bisa memilih lampu HID yang memiliki penerangan sedang,
  • Beberapa merk dari lampu HID masih amatiran sehingga cahaya yang diberi tidak bisa menembus kabut walaupun terang. Memang, untuk merk amatiran tentu berbeda dengan merk yang sudah terkenal atau merk unggulan. Agar dapat mengatasi hal ini, Anda bisa memilih merk unggulan dengan harga yang terjangkau,
  • Harga yang cukup mahal. Tidak dapat dipungkiri, harga dari lampu berkualitas ini memang cukup menguras kantong. Agar bisa mengatasinya, Anda dapat memilih lampu HID dengan harga yang lebih miring atau yang berkualitas menengah.

Namun jangan salah, ada juga berbagai macam kelebihan dari lampu HID mobil ini, seperti:

  • Lampu HID mampu menyinari jalan dengan lebih terang bila Anda bandingkan dengan lampu standar dari bawaan mobil,
  • Lampu HID pada bolamnya ia tidak mudah putus, dikarenakan ia memiliki sistem tahanan di rangkaiannya,
  • Pengonsumsian daya yang lebih hemat. Bila Anda bandingkan dengan lampu standar yang memiliki daya 100 watt, ia mempunyai kesamaan efek cahaya dengan lampu HID yang mempunyai daya 35 watt. Tentu jauh lebih daya bukan? inilah sebabnya lampu HID begitu banyak dipilih oleh pengguna mobil.
Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *