Home » Aksesoris Mobil » Berikut 3 Manfaat dari Kaca Spion Pada Kendaraan Anda

Berikut 3 Manfaat dari Kaca Spion Pada Kendaraan Anda

 

Semua kendaraan baik jenis sepeda motor maupun mobil tentu akan dilengkapi dengan kaca spion yang terdapat sepasang. Posisi spion ini berada di bagian depan di sebelah kanan maupun kiri kendaraan dan posisinya sendiri bisa diatur dengan seksama sesuai kebutuhan pemilik kendaraan. Selain menjadi salah satu bagian yang menyempurnakan bentuk sebuah kendaraan, rupanya kaca bernama spion ini memiliki fungsi yang sangat beragam dan juga penting. Memahami kegunaannya bisa meningkatkan kesadaran diri untuk merawatnya dengan baik supaya tetap awet dan berfungsi baik.

Manfaat Spion Pada Kendaraan

Baiknya tidak meremehkan spion pada mobil atau motor Anda, terutama bagi pengguna mobil karena komponen ini punya beragam peran penting saat berkendara. Beberapa diantaranya adalah:

Berikut 3 Manfaat dari Kaca Spion Pada Kendaraan Anda

  • Menghindari resiko tabrakan,

Kaca samping kanan dan kiri bagian depan mobil ini ternyata memiliki peran penting mencegah resiko adanya tabrakan. Saat Anda hendak bermanuver di jalan penting sekali untuk mengecek tampilan spion di kanan dan kiri supaya yakin dalam kondisi aman merubah posisi dan arah kendaraan. Maka spion membantu Anda membenturkan kendaraan dengan kendaraan lain atau benda keras di sekitarnya, misal pohon, pembatas jalan, tiang listrik, dan lain sebagainya.

  • Membantu mengatur posisi parkir,

Bagi pemilik sepeda motor kemungkinan fungsi kaca spion hanya membantu melirik kondisi lalu lintas di belakang. Namun tidak dengan mobil yang memang memberi tantangan tersendiri bagi pengemudinya terutama saat parkir. Mengetahui posisi parkir yang tepat akan membantu memarkirkan mobil dengan mulus tanpa resiko menabrak ataupun menggores kendaraan di sekitarnya. Memperhatikan spion bisa menentukan kapan harus mundur dan kapan harus putar setir ke kanan atau ke kiri sesuai lahan parkir yang tersedia.

  • Memperhatikan lalu lintas di belakang,

Memperhatikan lalu lintas di sekitar kendaraan Anda tentu hal yang sangat penting sehingga bisa melakukan pergerakan yang tepat. Spion membantu memeriksa kondisi lalu lintas sekitar tanpa harus mendongakkan kepala ke luar kaca mobil apalagi sampai turun dari mobil. Cukup melirik tampilan pada spion maka Anda bisa tahu kapan musti belok, musti mengurangi kecepatan, atau sebaliknya. Intinya menyesuaikan dengan kondisi di belakang kendaraan Anda sehingga tetap aman sepanjang perjalanan.

Baca juga http://pelapakmobil.com/

Bagi beberapa orang spion hanya dianggap sebagai aksesoris yang mempermanis tampilan kendaraan, padahal aslinya malah tidak. Spion ini selain menyempurnakan desain mobil rupanya juga memiliki fungsi khusus yang bisa meningkatkan keselamatan dan kenyamanan selama melakukan perjalanan. Lihai dalam membaca spion bisa membantu menikmati sebuah perjalanan yang seru namun tetap tidak beresiko mengalami kecelakaan yang terlalu tinggi. Maka pada saat belajar mengemudi Anda musti cermat membaca informasi dari kaca spion di depan, sehingga tidak melakukan kesalahan sewaktu bermanuver.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *