Home » Onderdil Mobil » Berikut 4 Cara Merawat Ban Mobil Supaya Senantiasa Awet

Berikut 4 Cara Merawat Ban Mobil Supaya Senantiasa Awet

 

Harga dari ban mobil memang diakui tidak murah oleh sebab itu ban yang sudah ada baiknya dirawat dengan seksama. Sebab ban memiliki peran vital yang menentukan sebuah mobil dapat di kemudikan atau tidak serta bisa memberi rasa nyaman atau malah sebaliknya. Tidak sedikit pemilik mobil melakukan investasi dengan membeli ban mahal dan bermerek dengan harapan lebih awet ketimbang ban lebih murah. Namun sesuaikan dengan standar dari mobil Anda, sehingga tidak rugi sudah keluar kocek lebih banyak untuk memilikinya.

 

Merawat Ban dengan Baik

Supaya tidak bolak-balik membeli ban untuk mobil Anda, maka baiknya dirawat dengan benar. Berikut adalah beberapa cara merawatnya:

Berikut 4 Cara Merawat Ban Mobil Supaya Senantiasa Awet

  • Memeriksa tekanan angin,

Tekanan angin pada ban kendaraan Anda pastikan selalu pas, sebab jika kurang maka akan berimbas pada pemborosan bahan bakar. Sebaliknya, jika tekanan angin ban malah berlebihan akan cenderung menjadikan ban tersebut terlalu keras. Gesekan dengan aspal semakin besar yang membuatnya cepat aus sehingga musti diperiksa setiap hari. Jadi usahakan selalu pas supaya bahan bakar efisien dan tentunya menjadikan ban tersebut tidak mudah gundul.

  • Rutin merotasi posisi ban,

Tidak semua pemilik mobil memahami arti penting merubah posisi ban dari depan ke belakang dan sebaliknya. Rupanya teknik ini bisa membantu merawat ban mobil agar awet, pasalnya ban di bagian depan cenderung mudah gundul lantaran bersinggungan dengan rem mobil. Maka perlu di rotasi dengan ban di belakangnya supaya tidak mudah gundul dan daya cengkeram ke aspal tetap baik. Merotasi ini bisa dilakukan sendiri namun jika terasa sulit Anda bisa meminta tolong mekanik di bengkel langganan.

  • Baiknya menghindari lubang di jalanan,

Jalanan yang Anda lewati setiap hari sembari menaiki mobil tentu tidak selalu dalam kondisi yang mulus. Ada kalanya akan melintasi lubang di beberapa titik dan tentunya semakin sering dilewati semakin besar resiko ban menjadi rusak. Sebab sewaktu melintasi lubang maka ban akan mengalami benturan dengan lubang di jalan tersebut. Maka disarankan untuk memacu mobil dengan kecepatan yang aman supaya lebih mudah melihat lubang di depan dan menghindarinya, sehingga Anda nyaman dan ban pun lebih awet.

Baca juga http://pelapakmobil.com/

  • Secukupnya dalam membawa barang,

Terlalu sering membuat mobil menahan beban berlebihan ternyata selain membuat bahan bakar boros juga membuat ban mudah aus. Ketika beban berlebihan maka ban pada mobil akan mengangkat beban lebih besar dan tekanan semakin tinggi sehingga gesekan dengan jalan semakin tinggi pula. Resiko ban menjadi mudah gundul dan kemudian tidak bisa dipakai dalam waktu dekat akan semakin besar. Maka ketahui beban normal yang bisa ditanggung ban mobil Anda supaya tidak berlebihan.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *