Home » Perawatan Mobil » Berikut 4 Cara Merawat Mobil Balap dengan Benar dan Tepat Agar Selalu Prima

Berikut 4 Cara Merawat Mobil Balap dengan Benar dan Tepat Agar Selalu Prima

Mobil jenis apapun yang Anda miliki tentu wajib sekali dirawat dengan baik, maka pahami kiat merawat mobil baru kemudian memilikinya. Bisa pula dibalik, yakni membeli mobilnya dulu baru kemudian belajar bagaimana merawatnya dengan baik. Perawatan pada mobil bisa membuat penampilannya selalu terlihat baru dan mesinnya juga memiliki performa yang terjaga. Kemungkinan rusak mendadak dan rutin masuk bengkel akan semakin kecil asalkan sejak awal memang sudah dirawat sesuai dengan standar dari pabrik.

Berikut 4 Cara Merawat Mobil Balap dengan Benar dan Tepat Agar Selalu Prima

Cara melakukan Perawatan pada mobil balap

Khusus untuk Anda yang suka dan kebetulan hobi main balapan mobil tentunya wajib paham bagaimana merawatnya. Sebab diketahui cara perawatannya tidak sama dengan mobil biasa, dan berikut sedikit ulasannya:

  • Musti rajin dicuci,

Mobil balapan khusus off road biasanya akan mudah sekali dipenuhi oleh lumpur karena medan balapannya dibuat demikian. Anda wajib langsung mencuci mobil tersebut selepas dipakai balapan supaya aman dari kemungkinan ada lumpur masuk ke mesin dan memicu korosi. Pencucian ini baiknya tidak ditunda sehingga besoknya Anda bisa mendapatkan mobil yang siap diajak balapan lagi, kalau sampai menginap malah resiko lumpur masuk ke mesin semakin tinggi.

  • Cek sparepart secara berkala,

Berhubung mobil Anda akan dipacu dengan kecepatan tinggi maka sebelum dan sesudah balapan wajib merawat mobil tersebut. Pastikan mengecek kondisi sparepart secara berkala khususnya beberapa hari sebelum dipakai balapan. Sparepart yang aus bisa segera diganti, namun menariknya karena mobil balap tidak dipakai setiap hari maka intensitas penggantian sparepart lumayan rendah. Maka tidak akan tekor, namun tetap dicek rutin untuk memastikan mesin mobil siap dipakai balapan.

  • Service selepas balapan,

Memiliki mobil balap juga tidak selalu membuat Anda boros karena selain tidak perlu sering-sering ganti sparepart. Pemiliknya juga tidak perlu rutin service ke bengkel setiap sebulan sekali karena idealnya service dilakukan selepas dipakai balapan. Jika dalam tiga bulan hanya dipakai balapan sekali otomatis Anda memberikan service ke bengkel hanya sekali selama tiga bulan tersebut. Service ini akan memastikan tidak ada efek buruk dari balapan yang dilakukan, sehingga sudah memastikan mobil baik-baik saja dan siap diajak balapan kembali.

  • Panaskan mesin setiap hari,

Mobil balap yang dimiliki dijamin lebih banyak terparkir di garasi ketimbang dipakai beraksi di area balapan. Lumrah memang karena aktifitas balapan tentu tidak setiap hari bahkan tidak selalu setiap bulan, tergantung pada event dan dasar dari event tersebut. Meskipun tidak dipakai agar performanya terjaga dan tidak ada komponen rusak baiknya dipanaskan setiap hari. Yakni setiap pagi untuk memastikan aki dan komponen lainnya berfungsi baik, asalkan merawat mobil balap dengan serius maka dijamin akan awet dan selalu tangguh diajak balapan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *