Home » Tips dan Trik » Berikut Beberapa Kerusakan Mobil yang Memaksa Anda ke Bengkel

Berikut Beberapa Kerusakan Mobil yang Memaksa Anda ke Bengkel

Memiliki mobil berarti Anda sudah siap untuk risiko perawatan yang harus ditanggung. Terutama saat mobil mengalami kerusakan. Kerusakan mobil memang tidak selalu mengharuskan untuk dibawa ke bengkel. Namun, beberapa keadaan terkadang tidak bisa diatasi sendiri. Untuk memperbaikinya tentu bengkel adalah opsi wajib. Lalu kapan kita harus membawa mobil kita ke bengkel? Pada keadaan yang seperti apa kita dipaksa untuk ke bengkel?

Berikut Beberapa Kerusakan Mobil yang Memaksa Anda ke Bengkel

Kerusakan timing belt

Kerusakan yang satu ini tidak bisa diperbaiki sendiri. Maka jangan sekali-kali mencoba-coba mengotak-atiknya jika Anda tidak ingin kerusakan bertambah parah. Timing belt ini fungsinya cukup vital pada mobil yang membuat mesin beroperasi setiap harinya. Jika tidak segera dibawa ke bengkel, kerusakannya bisa menjadi semakin parah dan berdampak kerusakan jangka panjang ada mobil.

Kerusakan DVD player atau radio

Kerusakan ini sering sangat berisiko, karena sambungan kabelnya berhubungan dengan mesin mobil. Maka jangan menganggapnya bisa diperbaiki sendiri, dan malah mengotak-atiknya sendiri. Ini sangat berisiko pada kerusakan bagian lain.

Retakan kaca depan

Jika Anda mencoba untuk memperbaiki kerusakan ini sendiri, yang ada retakan akan semakin besar dan parah. Jadi jika ingin membuatnya normal kembali, lebih baik bawalah kepada ahlinya.

Kerusakan Shockbreaker

Kerusakan yang satu ini berpengaruh terhadap sistem keamanan dan rem mobil. Maka jangan pernah mencoba untuk memperbaikinya sendiri. Alih-alih menjadi membuatnya menjadi berfungsi kembali, perbaikan sendiri yang tidak didasari pengetahuan malah justru akan membahayakan diri sendiri. Dari beberapa kasus, perbaikan yang tidak sesuai standar justru mencederai orang yang memperbaiki.

Kerusakan fuel pump

Pompa bahan bakar atau fuel pump merupakan komponen yang cukup sensitif. Disarankan untuk membawanya kepada ahli yang professional, karena perbaikan yang salah justru akan menambah kerusakan mobil.

Kerusakan Rem

Rem yang merupakan bagian terpenting mobil memiliki fungsi yang sangat vital. Rem adalah komponen yang mengontrol pergerakan mobil. Apabila komponen ini rusak, disarankan untuk membawanya ke bengkel karena penanganannya tidak mudah. Berkaitan dengan rotor, bantalan roda, caliper, juga minyak rem. Penanganan kompleks ini hendaknya diberikan kepada ahlinya.

Kerusakan sistem transmisi

Kerusakan ini lebih dikenal sebagai penggantian persneling. Menggantinya secara manual sendiri akan berakibat fatal. Pasalnya, cairan persneling ini tidak bisa diganti dengan mudah, harus melalui prosedur khusus yang hanya bisa dikerjakan oleh ahlinya. Untuk menghindari kerusakan mesin mobil, hendaklah bawa mobil Anda ke bengkel.

Kerusakan Radiator

Kerusakan mobil yang terakhir ini adalah yang terjadi pada bagian radiator mobil. Banyak orang yang menganggap kerusakan ini bisa diatasi sendiri. Namun salah, komponen mobil ini penting dan tidak bisa sembarangan dipegang oleh orang awam. Kesalahan pemasangan radiator justru malah akan merusak mobil Anda secara signifikan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *