Home » Tips dan Trik » Bersihkan Interior Mobil Anda dengan Cara Berikut Ini!

Bersihkan Interior Mobil Anda dengan Cara Berikut Ini!

Kebersihan adalah hal yang penting. Tidak hanya di lingkungan tempat tinggal Anda saja, namun membudayakan kebersihan juga harus dilakukan dimanapun. Namun terkadang ada satu tempat penting yang justru kerapkali dilupakan dalam hal kebersihan yaitu mobil Anda. Mungkin Anda kerap mencuci bagian luar mobil, namun bagaimana dengan bagian interior mobil? Di dalam mobil sangat mudah untuk menemukan remahan makanan, plastik pembungkus dan masih banyak lagi. Untuk itu, pastikan selalu bersihkan bagian dalam mobil Anda sehingga bisa bersih secara keseluruhan.

Di dalam mobil ada beberapa bagian penting mulai dari dashboard, jok, plafon dan lainnya. setiap komponen ini memiliki aturan berbeda dalam pembersihannya. Untuk itu, berikut ini beberapa tips membersihkan bagian interior mobil:

  • Bagian jok mobil

Membersihkan jok mobil bukan bisa dilakukan secara sembarangan karena jok dilapisi berbagai bahan yang berbeda. Berikut ini tips membersihkannya:

  • Jok kulit asli – jika Anda membersihkan jok dengan bahan kulit asli, maka cukup dibersihkan dengan vacuum cleaner untuk membersihkan debunya. Selain itu, cukup bersihkan dengan lap lembut yang sudah dibasahi dengan air dan sabun.
  • Jok beludru – untuk jok bahan beludru, lebih baik menggunakan pembersihan metode kering saja yaitu dengan kuas bahan halus serta kain halus. Anda bisa menghilangkan debu terlebih dulu dengan pemakaian vacuum cleaner.
  • Bagian dashboard mobil

Selanjutnya bersihkan bagian dashboard mobil. Dashboard adalah bagian yang paling sering terkena sinar matahari sehingga diperlukan perawatan dan pembersihan rutin nya. Anda cukup membersihkan bagian dashboard dengan halus memakai kemoceng. Setelah itu, cukup semprotkan cairan pembersih dan kemudian lap memakai kain. Agar dashboard tidak tergores, usahakan mengelap dengan lembut.

  • Bagian plafon mobil

Untuk membersihkan bagian plafon pada mobil, Anda perlu kehati-hatian yang sangat tinggi agar plafon tidak rusak, sobek atau kendur. Berikut ini beberapa hal yang perlu diperhatikan untuk membersihkan plafon:

  • Pilih lap mikro fiber dalam mengelap sehingga plafon tidak akan tergores.
  • Setelah selesai pembersihan, lap kembali dengan lap kering sehingga plafon tidak akan menimbulkan bau tidak sedap karena kelembabannya.
  • Gunakan lap yang sudah dibasahi dengan air dalam pembersihannya.
  • Bagian karpet mobil

Karpet biasanya adalah aksesoris tambahan pada mobil. Untuk membersihkannya, ada baiknya mengeluarkan semua karpet terlebih dulu. Setelah itu lakukan pembersihan seperti biasa dengan menyikatnya hingga bersih. Setelah bersih, jemur hingga benar-benar kering agar tidak menimbulkan bau.

Itulah beberapa tips dalam membersihkan interior mobil. Dengan bagian interior yang bersih, maka mobil akan lebih nyaman untuk ditempati dan dibawa kemana-mana. Lakukan pembersihan secara berkala ketika waktu Anda senggang mengingat membersihkan mobil butuh waktu yang cukup lama setiap bagiannya agar bersih sempurna.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *