Bersihkan Mesin Mobil Sendiri Secara Mudah dengan Cara Berikut Ini!

Performa mobil bergantung pada semua komponen di dalam mobil. Tak heran jika mesin yang ada di mobil harus dijaga. Tak hanya dijaga dengan selalu diservis secara rutin saja, namun mesin di mobil juga harus dijaga kebersihannya. Kebiasaan umum yang terjadi adalah pemilik mobil seringkali melewatkan bagian mesin dan hanya fokus pada bagian luar saja. Padahal mesin mobil juga butuh untuk dibersihkan sehingga performa yang dimilikinya tetap bagus.

Membersihkan mesin di mobil bisa dilakukan di bengkel, namun tentunya Anda harus mengeluarkan uang untuk itu. Pada dasarnya membersihkan mesin di mobil pun tidak terlalu sulit dan bisa dikerjakan di rumah. Memang membersihkan mesin di mobil harus secara hati-hati dan tepat, terlebih jika mesin yang dibersihkan adalah mesin yang sensitif. Perlu diketahui jika di dalam mobil ada mesin yang boleh dan tidak boleh terkena air. Untuk yang harus lebih waspada adalah yang tidak boleh terkena air misalnya saja pada bagian sensor, kabel hingga aki.

Bagi Anda yang ingin membersihkan mesin di mobil sendiri, maka bisa dilakukan dengan beberapa cara berikut ini:

  • Cek kelistrikan

Yang pertama Anda perlu mengecek kelistrikan mesin lebih dulu sebelum memulai membersihkannya. Pastikan jika semua aliran listriknya dalam kondisi yang mati. Hal ini demi meminimalisir bahaya yang bisa terjadi nantinya jika listrik menyala dan nantinya secara tak sengaja terkena air. Nyalakan dulu kondisi mesinnya sehingga bisa membersihkan kerak yang ada di mobil juga.

  • Bungkus plastik untuk bagian listrik

Jika mesin mobil sudah dalam kondisi yang hangat dengan sistem listrik yang mati, selanjutnya adalah dengan membungkus perangkat elektrik di mesin sehingga tidak kemasukan air nantinya. Selain plastik, Anda juga bisa menutup dengan alumunium foil ataupun benda lain yang ada di rumah. Fokusnya adalah untuk menyelamatkan perangkat listrik dari air.

Baca Juga:Kerusakan yang Sering Terjadi Pada Mesin Mobil dan Cara Mengatasinya

  • Pilih bagian mudah

Pertama pilih bagian mudah lebih dulu misalnya mulai dari kap mobil paling bawah. Semprotlah ke bagian tersebut memakai air, namun selalu ingat untuk jangan menyemprotkan air dengan tekanan terlalu tinggi.

  • Hati-hati

Pada bagian mesin inti, ada baiknya menggunakan cairan khusus untuk mesin sehingga noda akan mudah terlepas dari mesinnya. Noda membandel akan sangat terbantu dengan cairan ini sehingga Anda tidak perlu berusaha terlalu keras menyikatnya. Lakukan dengan kuas sehingga lebih bisa membersihkan dengan keseluruhan.

Jika semua sudah merasa Anda bersihkan, lanjutkan dengan membilas seluruh bagian mobil dan mesinnya. Namun untuk pembilasan mesin mobil juga tidak boleh terlalu menekan dan keras karena dikhawatirkan akan menggeser mesin. Jadi pastikan pembilasannya pun harus lebih tenang dan pelan saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *