Home » Tips dan Trik » Bingung Memilih Oli Mobil yang Bagus? Ini Dia Caranya!

Bingung Memilih Oli Mobil yang Bagus? Ini Dia Caranya!

Oli merupakan cairan yang memiliki fungsi sebagai pelumasan pada mobil, agar setiap part yang bekerja pada bagian mesin tidak bersentuhan ataupun bergesekan satu sama lain. Cairan ini penting untuk dijaga kepekatannya, agar fungsi pelumasan yang dimiliki oleh cairan ini tetap terjaga. Jika kepekatan pada oli tidak terkontrol dengan baik, maka tidak hanya bagian dari mesin yang bergesekan saja yang akan mengalami kendala, namun performa dan laju dari mobil pun akan secara signifikan menurun. Meskipun banyak bengkel yang menawarkan jenis oli terbaik yang sesuai dengan mobil yang Anda miliki, namun dalam melakukan pemilihan ataupun penggantian oli mobil, Anda harus tetap memperhatikan berbagai hal, agar nantinya oli dapat diaplikasikan dengan optimal.

Bingung Memilih Oli Mobil yang Bagus? Ini Dia Caranya! 

Hal pertama yang harus diperhatikan ketika hendak melakukan pemilihan ataupun penggantian oli adalah karakteristik dari mesin mobil yang Anda miliki. Untuk dapat mengetahui karakteristik dari mesin mobil yang Anda gunakan, lihatlah manual book, yang biasanya akan didapatkan ketika membeli sebuah mobil baru. Dalam manual book ini biasanya akan disebutkan jenis mesin mobil yang Anda beli tersebut, serta jenis oli yang cocok untuk diaplikasikan sebagai pelumas mesin mobil tersebut. Memahami jenis mesin dan karakteristiknya memang penting untuk dilakukan, agar nantinya Anda tidak hanya dapat memilih oli terbaik saja, namun juga dapat memahami sistem penggunaan mobil dengan tepat.

Hal lain yang juga perlu untuk Anda perhatikan ketika hendak melakukan pemilihan ataupun penggantian oli mobil, antara lain adalah:

  • Kekentalan oli yang akan Anda pilih, tingkat kekentalan dari oli ini biasanya akan dapat Anda lihat dari angka yang mengikuti kode SAE didalam kemasan oli tersebut, semakin besar angka dibelakang kode SAE tersebut, maka akan semakin kental cairan oli yang berada didalamnya.
  • Pilihlah jenis oli synthetic, dimana jenis oli ini akan lebih cocok digunakan untuk berbagai jenis mobil pabrikan terkini, karena penguapan yang terjadi untuk jenis oli ini terhitung sangat kecil.

Yang perlu anda perhatikan dalam pemilihan oli khusus untuk mesin mobil bukanlah merk yang dilabelkan pada oli tersebut. Anda dapat saja menggonta-ganti merk dari oli, asalkan spesifikasi dan kualitas dari oli memang sesuai dengan karakteristik dari mesin mobil. Untuk dapat menemukan oli terbaik, tentunya kita harus mencoba berbagai jenis dan merk dari oli mesin terlebih dahulu, namun ketika Anda telah menemukan yang terbaik, maka akan disarankan untuk menggunakan oli terbaik tersebut. 

Mengingat peran dan fungsi oli yang tidak hanya berfungsi sebagai pelumas, namun juga sebagai anti korosi serta penyetabil suhu dari mesin mobil, maka akan sangat disarankan bagi Anda untuk melakukan penggantian oli mobil secara berkala, dan rajin untuk mengecek kondisi dari oli tersebut. Penggantian dan pengecekan rutin ini akan dapat membantu Anda menjaga kondisi dari mesin mobil secara menyeluruh.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *