Dalam dunia otomotif di negara Indonesia sangatlah berkembang dengan baik, karena Indonesia termasuk negara yang potensial masyarakatnya memiliki daya beli yang tinggi. Sehingga hal tersebutlah menjadikan para pemain bisnis nakal yang memanfaatkan hal tersebut untuk meraih keuntungan melalui memproduksi spare part mobil yang palsu yang menyamai dengan produk yang asli. Dalam hal pemalsuan produk tersebut, banyak juga para konsumen yang kurang pandai dalam membedakan antara spare part yang asli maupun yang palsu.

Karena semakin berkembangnya teknologi yang saat ini sedang berjalan, maka Anda pun juga harus pandai-pandai dalam memilih spare part kendaraan Anda dengan baik. Jangan sampai Anda menjadi konsumen yang tertipu, karena bentuk spare part yang palsu pun memiliki bentuk yang hampir sama dengan prodak aslinya. Sehingga perlu kejelian dalam pemilihan. Untuk dalam hal harga pun juga tidak memiliki perbedaan yang sangat jauh dengan harga aslinya.

Berikut ini ada beberapa trik bagi Anda yang ingin membeli spare part mobil agar tidak tertipu dengan prodak yang palsu:

  • Cek dan telitilah sebelum membelinya.

Biasanya tidak di kemas secara identik dan dengan logo “genuine” akan tetapi dikemas dengan merk nya sendiri. Hal ini sering di sebut part aftermarket jika kualitasnya baik, dan apabila kualitasnya di bawah aslinya, maka disebut KW.

  • Perhatikan harga.

Apabila pedagang menawarkan dengan harga yang jauh lebih rendah, maka Anda pun perlu mewaspadai.

  • Perhatikan kemasan.

Spare part yang asli memiliki kemasan dengan warna dan tulisan yang jelas. Dan untuk spare part palsu kemasan mudah pudar.

Baca Juga: Daftar Harga Spare Part Mobil, April 2017

  • Bahan komponen yang di gunakan.

Komponen yang asli terbuat dari baja, sedangkan yang palsu hanya terbuat dari besi atau plastik.

  • Garansi.

Jika spare part asli, maka garansinya akan langsung dari produsen kendaraan yang bersangkutan. Apabila spare part palsu, maka hanya memberikan garansi toko atau distributor.

Dalam pembuatan spare part akan terjadi persamaan antara yang asli dengan yang palsu karena dalam proses pembuatannya pun juga sama yaitu dengan bahan dasar tepung yang dipadatkan, diraketkan serta dipanaskan. Sehingga bagi orang yang tidak mengetahui soal spare part akan sulit untuk membedakannya. Hanya para teknisi yang berpengalaman yang dapat mengetahuinya

Untuk mengetahui mengenai spare part mobil yang asli atau palsu, untuk lebih jelasnya lagi, Anda dapat pergi langsung pada bengkel resmi untuk melakukan servis. Hal tersebut merupakan tindakan yang paling aman. Maka para montir yang handal serta profesional akan mengetahui komponen pada kendaraan Anda asli atau palsu, sehingga Anda dapat menanyakan pada montir yang menangani mobil Anda. Sehingga Anda tidak lagi merasa takut komponen pada mobil Anda asli ataupun palsu.

Leave a comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *