Home » Tips dan Trik » Cara Memilih GPS Navigasi Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Cara Memilih GPS Navigasi Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

GPS navigasi mobil merpakan perangkat yang memiliki fungsi yang penting saat berkendara karena memberikan informasi mengenai petunjuk arah serta infromasi kemacetan lalu lintas di sekitar kita. Ragam jenis alat ini pun sudah tersedia di pasaran, mulai dari tipe portabel hingga tipe yang harus dipasang secara permanen di mobil. Belum lagi merek yang menawarkan kelebihan dan kecanggihan membuat konsumen bingung memilih mana yang sesuai dengan kebutuhan.

Cara Memilih GPS Navigasi Mobil Terbaik Untuk Kendaraan Anda

Oleh karena itu, sebelum memutuskan mengganti atau membeli GPS navigasi mobil yang baru, ada baiknya Anda menyimak tips-tips dalam memilih GPS berikut ini.

Kenali Tipe SHDD dan Tipe SSD

Secara umum, ada 2 jenis tempat penyimpanan data peta maupun file lagu pada perangkat GPS navigasi mobil, yaitu tipe  HDD yang berarti Hard Disk Driver dan SSD yang berarti Solid State Drive. Sebelum memilih, sebaiknya kenali dulu masing-masing karakteristiknya kedua jenis tempat penyimpanan ini.

Selain bisa menyimpan data peta berukuran besar, Hard Disk Driver atau HDD juga bisa menyimpan file lagu maupun film yang bisa Anda putar di mobil. Tipe ini sangat pas untuk Anda yang suka mengoleksi audio-video di dalam mobil. Kelebihan lain di tipe ini adalah kemampuannya yang mampu memberikan gambaran peta dengan resolusi tinggi dan informasi lebih banyak. Hanya saja produk ini di banderol dengan harga yang tergolong mahal.

Sedangkan untuk Solid State Drive atau SSD memiliki kelebihan harga yang terjangkau namun tetap memiliki memori yang besar. Hanya saja tipe ini hanya memiliki fungsi dasar dari GPS navigasi mobil saja tanpa ada fitur lainnya.

Tipe 2 DIN, tipe portabel, dan tipe in-dash

Jika dilihat dari dimensinya, GPS navigasi mobil terbagi menjadi 3 jenis, yaitu tipe 2 DIN, tipe portable, dan tipe in-dash. Ketiga tipe ini memiliki kelebihan dan kekurangannya masing-masing. Seperti 2 Din memiliki kelebihan layar yang lebar sehingga ukurannya sangat ideal untuk ukuran car navigasi pada umumnya. Hanya saja di beberapa jenis kendaraan, tipe 2 DIN terpaksa harus dipasang lebih rendah sehingga menyulitkan pandangan mata.  Untuk itu, sebelum memasang GPS ada baiknya untuk menyesuaikan dengan jenis mobil Anda.

Selanjutnya ada tipe portable memiliki kelebihan mudah dibongkar pasang sehingga tipe portabel ini bisa sewaktu-waktu Anda lepas jika tidak sedang digunakan. Sayangnya, tipe ini hanya dibekali dengan fungsi-fungsi dasar saja tanpa adanya fitur tambahan. Sedangkan untuk tipe in-dash memiliki kelebihan seperti layar yang lebar seperti tipe 1 DIN dan bentuk layarnya juga sedikit menonjol ke permukaan sehingga cocok membuat interior mobil Anda jadi lebih sporty. Hanya layar menonjol tersebut  bisa mengganggu lubang semburan AC atau pun panel switch-nya.

Periksa fungsi update peta dan frekuensinya

Pada saat GPS navigasi mobil masih menggunakan CD-ROM atau DVD-ROM, maka data awal yang tersimpan akan terus digunakan dalam beberapa tahun sehingga menyebabkan data peta menjadi tidak terperbaharui. Oleh karena itu, sebaiknya Anda mengganti dengan menggunakan HDD atau SSD agar update peta menjadi lebih mudah.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *