Home » Tips dan Trik » Cara Memperbaiki Bemper Mobil yang Penyok

Cara Memperbaiki Bemper Mobil yang Penyok

Sebagian kondisi Jalan di Indonesia terutama kota – kota besar mengalami kemacetan yang sangat parah. Ini mengakibatkan sering terjadinya kecelakaan antar sesama pengguna jalan.  Pengendara sering merasa khawatir ketika mengendarai mobil dalam kondisi macet dikarenakan sering kejadian body mobil terutama bagian bemper penyok ditabrak pengemudi lain. Fakta bahwa bemper merupakan salah satu komponen mobil yang terbuat dari bahan  thermoplastic yang bisa menyesuaikan dengan berbagai suhu sehingga mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi memudahkan bagi para pemilik mobil untuk memperbaiki bemper mobilnya yang penyok dengan biaya yang murah dan bisa dilakukan sendiri. Berikut ini beberapa cara memperbaiki bemper mobil yang penyok

  • Dengan Menggunakan Alat Pengering Rambut (Hair Dryer) dengan Cairan Karbondioksida

Alat yang dipakai adalah alat pengering rambut (Hair Dryer) yang berfungsi sebagai menghasilkan suhu panas secara drastis dan karbondioksida cair yang berfungsi sebagai suhu hingga -109 derajat celsius, bisa dibeli di toko – toko kimia. Berikut langkah – langkah memperbaiki bemper mobil yang penyok dengan kedua alat tersebut :

  • Siapkan alat pengering rambut (Hair Dryer) dan karbondioksida cair.
  • Kemudian alat pengering rambut (Hair Dryer) dinyalakan sambil diarahkan ke bemper yang penyok supaya udara panas yang dihasilkannya mengenai bagian yang penyok tersebut.
  • Lakukan secara terus menerus hingga dirasakan cukup panas. Waktu yang diperlukan untuk memanaskan bagian yang penyok tergantung besar atau kecilnya kerusakan. Biasanya untuk penyok yang besar memerlukan waktu 4 – 5 menit.
  • Kemudian semprotkan cairan karbondioksida pada bagian yang telah dipanaskan.
  • Segera tekan – tekan bagian yang penyok hingga kembali ke bentuk semula.

Simak juga beberapa tips dan trik merawat mobil kesayangan anda. Lihat selengkapnya di pelapakmobil.com

Cara kerja seperti ini memanfaatkan karakteristik sebuah bemper yang bisa menyesuaikan terhadap suhu yang panas berubah menjadi dingin sehingga mengakibatkan munculnya suatu hentakan pada bagian yang penyok.

  • Dengan Menggunakan Air Panas

Cara kerja dengan menggunakan air panas hampir sama dengan menggunakan alat pengering rambut (Hair Dryer). Berikut langkah – langkah memperbaiki bemper mobil yang penyok dengan air panas :

  • Siapkan air panas yang mendidih untuk memanaskan bemper yang penyok.
  • Siramkan air panas tersebut dengan menggunakan teko atau ceret secara perlahan – lahan pada bagian bemper yang penyok.
  • Kemudian tekan bagian yang penyok secara perlahan – lahan sampai bemper kembali ke bentuk semula. Gunakanlah kain ketika menekan bagian yang penyok tersebut untuk menghindari luka pada tangan akibat suhu panas.
  • Lakukanlah langkah – langkah di atas secara berulang – ulang sampai bemper tersebut kembali seperti semula.

Cara – cara memperbaiki bemper mobil yang penyok seperti kedua cara di atas sudah terbukti dan dikenal oleh masyarakat umum khususnya para pemilik kendaraan selain biayanya yang murah, cara kerjanya yang mudah untuk dilakukan semua orang.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *