Home » Tips dan Trik » Cara Mencuci Mobil Sendiri dengan Tepat yang Bisa Anda Terapkan

Cara Mencuci Mobil Sendiri dengan Tepat yang Bisa Anda Terapkan

Menjaga kebersihan dari mobil yang kita miliki, merupakan sebuah keharusan yang memang perlu untuk dilakukan. Secara umum untuk dapat melakukan perawatan terutama terkait dengan kebersihan mobil, pada umumnya para pemilik mobil tentunya akan melakukan treatment pencucian untuk mobil yang mereka gunakan. Bagi Anda para pemilik mobil yang memang memiliki waktu yang cukup, tidak ada salahnya jika Anda melakukan treatment perawatan kebersihan mobil Anda sendiri. Selain dapat menghemat budget perawatan mobil dalam diri Anda, kebersihan dari mobil yang Anda miliki pun akan lebih terjamin, karena memang Anda sendiri sebagai pemilik yang melakukannya. Bagi Anda para pemilik mobil yang memang lebih menyukai untuk melakukan pencucian mobil Anda sendiri, berikut ini tips mencuci mobil dengan tepat yang mungkin dapat Anda jadikan sebagai bahan referensi.

Cara Mencuci Mobil Sendiri dengan Tepat yang Bisa Anda Terapkan  

Untuk dapat melakukan kegiatan pencucian mobil dengan tepat, akan lebih disarankan bagi Anda untuk mencucinya ditempat yang teduh dan tidak terkena secara langsung paparan sinar matahari. Hal ini penting untuk Anda lakukan, agar tekstur dari cat mobil tidak menjadi rusak. Alasan lain untuk tidak mencuci kendaraan roda empat Anda dibawah paparan sinar matahari secara langsung dapat menyebabkan sampo yang Anda gunakan untuk mencuci kendaraan Anda, menjadi cepat kering, dengan busa yang belum sempat untuk dihilangkan. Busa yang menempel dan tidak dibersihkan inilah, yang dapat mengakibatkan kerusakan pada lapisan cat mobil.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dengan seksama dalam melakukan kegiatan mencuci mobil sendiri, antara lain adalah:

  • Gunakan sampo ataupun pembersih khusus yang diformulasikan sebagai bahan pencuci mobil yang aman dan tepat.
  • Basahi terlebih dahulu seluruh permukaan dari body mobil Anda, agar nantinya cairan pembersih dapat dengan mudah diaplikasikan.
  • Siapkan dua tempat berisi air, dimana satu tempat digunakan untuk melarutkan cairan khusus pembersih mobil dan satu tempat sebagai media untuk membilas spons yang digunakan pada saat mengusapkan cairan pembersih pada body mobil.

Bilaslah spons sesering mungkin, setelah Anda mengusapkannya pada body mobil yang akan Anda cuci. Pembilasan spon ini memiliki tujuan untuk menghilangkan debu dan kotoran dari body mobil yang telah terbawa oleh spons. Dengan spons yang bersih dan tidak membawa kotoran, maka kemungkinan body mobil tergores pun akan lebih dapat diminimalisir. 

Bilaslah mobil yang telah secara menyeluruh Anda usapkan dengan cairan pembersih mobil dengan menggunakan air bersih yang mengalir. Pastikan bahwa semua busa dari cairan pembersih telah larut dengan sempurna. Segera keringkan mobil yang telah Anda cuci dengan menggunakan kain lembut dan berserat seperti kain microfiber, agar sisa air yang Anda gunakan untuk membilas dapat hilang secara penuh. Dalam mencuci mobil ini, bagian bawah mobil serta ban pun, akan lebih disarankan untuk turut Anda bersihkan.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *