Home » Tips dan Trik » Cara Menghidupkan Mobil Injeksi Saat Kehabisan Bensin

Cara Menghidupkan Mobil Injeksi Saat Kehabisan Bensin

Kondisi kehabisan besin menjadi sebuah momok yang menakutkan bagi para pengguna kendaraan dengan mesin injeksi. Saat kendaraan kehabisan bensin maka akan berjalan secara tersendat-sendat. Oleh sebab itu penting sekali Anda selalu memperhatikan seberapa banyak stok bensin yang dimiliki sebelum memutuskan untuk pergi ke suatu tempat. Namun apabila kondisi kehabisan bensin ini menimpa Anda, ada beberapa cara untuk menghidupkan mobil injeksi saat kehabisan bensin.

Cara Menghidupkan Mobil Injeksi Saat Kehabisan Bensin

Cara Menghidupkan Mobil Injeksi

  • Ketika bensin yang Anda miliki habis dan kendaraan pun akan berhenti secara tiba-tiba, langkah yang harus dilakukan pertama kali adalah meminggirkan kendaraan ke tempat yang lebih aman.
  • Anda harus mengisi bensin sesuai dengan volume standar agar mobil dapat berjalan kembali. Gunakanlah bensin yang dianjurkan oleh pabrikan agar tidak merusak mesin mobil.
  • Ketika bensin sudah terisi kembali, Anda tidak perlu terburu-buru untuk menyalakan mesin mobil. Anda harus menunggu beberapa saat sebelum mesin dinyalakan. Hal ini bertujuan untuk memberikan waktu bahan bakar mengalir optimal ke mesin pembakaran. Apabila Anda terburu-buru dalam menyalakan mobil ditakutkan akan memberikan efek fatal pada kerusakan mesin mobil.
  • Setelah beberapa saat menunggu, Anda dapat menyalakan semua fungsi di dalam mobil injeksi agar berjalan normal seperti biasanya.
  • Saat bensin sudah terisi penuh namun mesin tidak dapat menyala sebaiknya Anda memeriksa beberapa komponen lainnya seperti sistem injeksi mobil.
  • Anda juga dapat mencoba untuk mengendurkan fuel trail yang terdapat di throttle body. Setelah berhasilkan mengendurkan fuel trail cobalah untuk kembali menyalakan mesin mobil.
  • Bensin dapat menuju ke mesin pembakaran dengan sempurna apabila filter dan fuel pressurenya berkerja dengan semestinya. Dengan demikian Anda harus lebih jeli dan teliti untuk memeriksa fuel pressure dan juga filternya secara detail dan lebih teliti.
  • Saat semprotan bensin tidak terlalu keras maka dapat dipastikan adanya masalah pada pompa bensin. Ketika pompa bensin mengalami kerusakan maka mau tidak mau harus melakukan proses penggantian. Anda dapat menelepon montir dari bengkel terpercaya agar mobil dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Dampak Kehabisan Bensin Pada Mobil Injeksi

Dampak terjadinya kehabisan bensin belum dapat dipastikan dengan akurat. Dikarenakan banyak pendapat yang simpang siur dan belum pasti mengenai dampak kehabisan bensin pada mobil injeksi. Ada beberapa ahli yang mengatakan apabila kondisi ini berlangsung secara terus menerus dan berulang-ulang makan akan menyebabkan komponen lainnya rusak. Tidak hanya rusak mesin mobil juga dapat dipastikan tidak dapat menyala kembali.

Namun ada beberapa ahli lainnya yang mengatakan bahwa saat kehabisan bensin hanya akan mengakibatkan kerusakan pada jalur bahan bakar. Semakin berkembangnya zaman maka semakin canggih pula teknologi yang ada sehingga akan mengurangi risiko kerusakan mesin saat kehabisan bahan bakar.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *