Home Tips dan Trik Cara Menyeleksi Mobil Tua Sebelum Membelinya

Cara Menyeleksi Mobil Tua Sebelum Membelinya

by Charlene Knight

Mobil merupakan alat transportasi yang sudah mulai banyak dimiliki orang karena daya tampungnya yang lebih besar dari kendaraan roda dua. Namun bagi masyarakat dengan daya beli menengah, membeli mobil tak harus dilakukan dengan cara membeli mobil baru, mobil bekas juga bisa dijadikan alternatif pembelian untuk memiliki sebuah alat transportasi yang pas untuk seluruh keluarga. Tetapi dalam membeli mobil tua dan pastinya adalah mobil bekas, tak semudah ketika Anda membeli mobil baru. Kondisi dan performa mobil tersebut haruslah masih baik dan sesuai dengan harga yang ditawarkan penjual.

Jika Anda berniat untuk membeli mobil bekas, maka ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan yaitu:

  • Melalui showroom mobil bekas.
  • Iklan dari jual beli barang bekas.
  • Mendatangi perkumpulan penjualan barang bekas.

Dari ketiganya sebaiknya Anda memilih untuk membeli dari pemiliknya secara langsung karena pasti memiliki perbedaan yang besar dari segi harga. Selain itu dengan mencari penjual yang merupakan pemilik langsung, maka proses baik balik nama atau perpanjangan STNK langsung bisa dibicarakan atau diproses jika kedua belah pihak setuju untuk melakukan jual beli.

Dalam membeli mobil tua Anda harus mengerti mesin mobil agar tidak tertipu oleh keterangan yang bisa diberikan penjual. Jika Anda kurang mengerti dengan mesin mobil maka ada baiknya Anda membawa teman yang mengerti mesin untuk bisa menolong Anda dalam mengecek kondisi sebenarnya. Bawalah mobil untuk berkeliling jika memungkinkan, namun jika tidak maka bukalah kap mesin untuk melakukan pengecekan. Penjual yang jujur dan baik akan memberikan Anda kesempatan untuk bisa melakukan pengecekan demi kelancaran proses jual beli.

Selain mesin, body mobil juga harus masih layak digunakan. Hindarilah membeli mobil yang sudah keropos bodynya agar tetap aman digunakan. Namun pastinya kondisi body juga sesuai dengan harga yang ditawarkan karena umumnya mobil lama memang sudah lama dipakai sehingga mengalami kerusakan karena pemakaian. Jika Anda berminat pada sebuah mobil, lakukan tes nomor rangka dan nomor mesin untuk mengetahui bahwa mobil tersebut sesuai dengan surat-surat yang berlaku di kepolisian.

Masalah harga terkadang membuat banyak transaksi batal. Lakukanlah survey terlebih dahulu akan kisaran harga jual mobil tua sesuai dengan tahun pembuatan dan kondisi mesin serta bodynya. Survey bisa Anda lakukan dengan cara mengunjungi beberapa penjual atau tempat penjualan mobil bekas sekaligus untuk dapat mengetahui dengan pasti kisaran harganya. Jangan tergiur akan mobil murah, karena bisa memiliki kelemahan yang disembunyikan. Perhatikan tanggal berlaku STNK atau pajak mobil karena juga bisa menambah biaya operasional setelah Anda beli nantinya. Untuk mobil niaga maka pastikan telah memiliki kir yang masih berlaku agar langsung bisa digunakan.

 

Baca Juga:  Keuntungan Menggunakan Mobil Chevrolet Spin Sebagai Kendaraan Pilihan

 

Artikel Lainnya

Leave a Comment

This website uses cookies to improve your experience. We'll assume you're ok with this, but you can opt-out if you wish. Accept Read More