Home » Perawatan Mobil » Cara Merawat Mobil Sport yang Benar

Cara Merawat Mobil Sport yang Benar

Mobil Sport adalah jenis mobil mewah, namun untuk pecinta mobil jenis ini rela mengeluarkan kocek yang harganya lumayan fantastis agar keinginannya bisa tercapai. Di Indonesia sendiri jenis mobil ini tidak asing, bisa jadi Anda adalah pemilik mobil yang satu ini.

Dengan bandrol harga yang sangat mahal tentu mobil ini memiliki keunggulannya masing-masing dari setiap merk mobil. Bisa dari desain bodynya, performa mesinnya dan fitur canggih. Dengan segala kelebihannya itulah, maka mobil ini berbedanya jauh sekali dengan jenis mobil biasa. Apalagi tenaga yang dihasilkan mobil mewah sangat menakjubkan karena sudah didukung dengan mesin yang modern dan canggih.

Meskipun demikian, yang namanya sebuah benda buatan manusia tentu selain memiliki kelebihan terdapat juga kekurangan. Kekurangan mobil mewah adalah dari segi perawatannya yang memerlukan biaya besar dan perlakuan khusus. Merawat mobil sport tidak bisa sembarangan, tidak seperti merawat mobil bisa. Berikut adalah ulasan merawat mobil sport yang benar.

Rutin Mengganti Oli

Oli memiliki peranan penting bagi setiap jenis mobil kendaraan apapun. Seperti halnya mobil lain mobil jenis sport juga harus diganti secara rutin yaitu 6 bulan sekali. Mengganti oli tujuannya agar performa mesin maksimal dan aman.

Jika oli tidak diganti lebih dari 6 bulan dikhawatirkan mesin kasar. Gunakan oli yang berkualitas tinggi. Selain itu periksa minyak rem, minimal kuras 2 kali satu kali.

Bahan Bakar

Hal yang penting dalam penggunaan mobil jenis ini adalah bahan bakar yang berbeda dengan mobil sedan biasa. Jika diisi bahan bakar yang tidak sesuai bisa membuat mesin mobil berumur pendek, berkerak dan kehilangan tenaganya. Jenis mobil ini menggunakan bahan bakar jenis RON tertinggi.

Baca Juga: Cari Tahu Tips Merawat Mobil untuk Membuatnya Tahan Lama Disini

Memeriksa Komponen Mobil

Jika mobil sudah melampaui bataas angka 10.000 km, sebaiknya periksa segera komponen penting dan ganti dengan yang baru. Komponen yang digunakan mobil mewah sangat sensitif terutama pada sistem saringan dan pengereman. Mengganti komponen dilakukan untuk mencegah kerusakan lebih parah dn merembet ke komponen lain.

Body Mobil

Selain memperhatikan perawatan mesin, penting untuk memperhaikan body mobil. Bagian body harus dirawat dengan benar agar mobil senantiasa terlihat mulus dan elegant.

Untuk mencegah body mobil terkena korosi, sebaiknya lakukan pengecekan satu kali setahun. Korosi disebabkan karena pengaruh iklim atau cuaca. Jika Anda tinggal di dekat laut sebaiknya periksa bodi secara teratur karena resiko terkena korosi lebih tinggi. Hal ini disebabkan di daerah sekitar laut kadar garamnya sangat tinggi.

Kontrol Sistem Keamanan

Sistem pengamanan kendaraan sangatlah penting. Pada sistem mobil sport pengamanannya berbeda dengan mobil biasa. Biasanya di dalam mobil sudah tertanam fitur pengaman seperti: Dynamic Stability Control (DSC), Antilock Braking System (ABS) dan Active Stability Control (ASC).

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *