Home » Modifikasi Mobil » Cara Modifikasi Jok dan Interior Mobil dengan Benar

Cara Modifikasi Jok dan Interior Mobil dengan Benar

Setiap orang memiliki standar kenyamanannya masing-masing dalam hal mengendarai mobil, termasuk dalam hal tampilan luar dan interior kabin mobil. Menurut survey yang diadakan oleh sebuah majalah otomotif ternama, bahwa 75% orang yang membeli mobil baru cenderung langsung memodifikasi bagian jok dan interior mobil. Selain dilakukan untuk memberi nuansa yang berbeda berdasarkan karakter si pemilik, modifikasi ini juga bermanfaat untuk melindungi material orisinil jok agar tetap bersih dan awet.

Memodifikasi bagian interior pada mobil memang sering dilakukan agar si pemilik semakin betah berlama-lama di mobil. Berikut ini adalah cara modifikasi jok dan interior kabin mobil agar lebih mantap:

  • Pemilihan material jok yang tepat.

Yang pertama dalam memodifikasi jok adalah pemilihan material atau bahan yang akan digunakan mengganti jok atau hanya untuk membungkus jok lama. Ada dua jenis bahan yang umumnya dipakai untuk modifikasi jok, yaitu kulit asli (genuine) dan sintetik atau imitasi. Masing-masing bahan memiliki kelebihan dan kekurangannya sendiri. Soal kualitas, kulit asli tentu bernilai lebih, dibandingkan dengan kulit sintetik. Tak heran jika harganya lebih mahal.

Hanya saja untuk perawatannya, kulit asli juga lebih sulit karena Anda harus membuatnya agar tetap bersih, tidak berjamur dan lentur. Pun saat ini, kulit sintetik juga penampilannya tak kalah menarik dengan kulit asli.

 Baca Juga: Bersihkan Interior Mobil Anda dengan Cara Berikut Ini!

  • Tentukan konsep modifikasi.

Berlanjut ke modifikasi interior mobil, Anda juga harus menentukan konsep modifikasinya terlebih dahulu sebelum Anda memodifikasinya. Anda bisa memilih beberapa konsep atau desain seperti modern, klasik, sporty, elegan dan sebagainya. Ini semua tergantung dengan selera Anda. Jangan lupa untuk memilih bengkel modifikator yang terpercaya dan memiliki reputasi bagus dari pecinta otomotif dan konsumen pada umumnya.

  • Berhati-hati dengan pelapis dashboard.

Untuk melengkapi modifikasi interior, terkadang pemilik juga meminta untuk sedikit mengubah bagian head unit seperti dashboard agar nampak lebih cantik. Seperti dengan memberinya pelapis. Berhati-hatilah karena pada komponen ini terdapat banyak panel instrumen yang canggih seperti airbag. Jangan sampai nanti saat komponen ini dibongkar pasang justru menyebabkan terhambatnya airbag keluar dan sangat membahayakan keselamatan Anda. Carilah bengkel yang benar-benar berpengalaman.

  • Persiapkan budget.

Ada harga ada rupa, begitu istilah yang kita dengar saat kita membeli barang tertentu. Sama halnya dengan modifikasi interior mobil, Anda juga harus memahami bahwa budget merupakan hal yang mutlak Anda persiapkan sebelum Anda memasukkan mobil Anda ke dalam bengkel. Yang terpenting perhitungkan dengan baik berapa total biaya modifikasi sehingga Anda bisa mempersiapkannya sedari awal. Jangan sampai Anda belum bisa mengambil mobil Anda hanya karena total biaya modifikasi tak sesuai perkiraan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *