Home » Tips dan Trik » Cara Mudah Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Cara Mudah Mengecek Kondisi Mesin Mobil Bekas

Banyak orang yang lebih tertarik untuk membeli kendaraan bekas dibandingkan dengan yang masih baru, salah satu alasannya adalah karena dari segi harga ia jauh lebih murah dibandingkan dengan yang baru, harganya bisa mencapai 50% lebih murah, tentunya konsumen bisa menghemat lebih banyak pengeluaran bukan. Hanya saja juga jadi sebuah kekhawatiran tersendiri bagi seseorang yang masih awam dalam hal kendaraan, karena jika salah pilih maka nantinya bukan hanya dapatkan yang tampilannya buruk, melainkan juga performa, mesin mobil yang sudah turun.

Tentunya akan sangat sayang bukan dengan uang yang sudah Anda keluarkan untuk membeli kendaraan tersebut. Mobil bekas atau second yang banyak dijual di pasaran sendiri memiliki beberapa kriteria, diantaranya adalah mobil yang dijual oleh dealer resmi, meskipun bekas biasanya kondisi mesin masih sangat bagus, karena banyak bagian yang diganti, sebelum nantinya mereka menjualnya kembali. Atau mobil yang dijual secara langsung oleh pemiliknya, biasanya kondisi mesin mobil ini kurang begitu diperhatikan, namun konsumen bisa tawar menawar harga untuk dapatkan yang paling murah.

Ada beberapa cara mudah yang bisa digunakan untuk mengecek kondisi mesinnya apakah masih bagus atau tidak, diantaranya adalah:

Baca Juga: 6 Panduan dan Tips Membersihkan Mesin Mobil

  1. Lakukan test drive secara langsung, cara paling mudah yang bisa dilakukan untuk melihat kualitas dari kendaraan adalah dengan melakukan uji atau test drive, langkah ini wajib bagi setiap pembeli, entah itu ingin membeli kendaraan yang masih baru ataupun bekas. Lihat apakah tarikannya nyaman dan ringan atau tidak.
  2. Memeriksa ruang mesin, Anda bisa melihat apakah ada bagian cat yang terlihat masih baru atau tidak, jika kondisi cat masih baru maka mesin sudah pernah diturunkan, karena sebelumnya mengalami tabrakan atau yang lainnya, namun jika catnya dalam kondisi tak berubah, artinya mesin masih sama seperti pertama kali membeli, tanpa pernah diubah.
  3. Starter mobil, dengarkan bagaimana suaranya dan proses pengapian, apakah bisa cepat menyala atau tidak, mesin yang masih dalam kondisi yang bagus umumnya akan mengeluarkan suara yang halus ketika tengah di starter, namun pastikan ketika menstarter kendaraan tersebut Anda tak menyalakan AC maupun perangkat audio.
  4. Speedometer, untuk melihat kualitas dari kecepatan kendaraan bekas tersebut maka Anda bisa memeriksa bagian speedometer nya, ketika lampu indikator menyala gas secara perlahan kemudian lepaskan, perhatikan jatuh RPM yang turun secara perlahan, apakah kecepatannya stabil atau tidak, jika stabil maka kondisi mesin tak mengalami masalah.

Bagaimana sangat mudah bukan melihat kondisi mesin mobil bekas apakah masih bagus atau tidak. Anda bisa membeli kendaraan yang bagus meskipun dalam kondisi bekas, asalkan tau bagaimana cara pemilihan yang tepat.

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *