Home » Perawatan Mobil » Cari Tahu Tips Merawat Mobil untuk Membuatnya Tahan Lama Disini

Cari Tahu Tips Merawat Mobil untuk Membuatnya Tahan Lama Disini

Memahami dengan baik tips cara merawat mobil menjadi bagian penting untuk menjaga kualitas kendaraan pribadi yang dimiliki. Sebagus apapun kualitas mesin yang tertanam di dalam tubuh mobil kesayangan tidak akan memberikan performa maksimal. Tatkala kebutuhan perawatan di dalamnya tidak dipenuhi dengan baik sehingga mudah keluar masuk bengkel. Supaya mesin mobil memberikan performa yang terus baik sepanjang umurnya perlu memberikan perawatan yang terbaik pula.

Apa Saja Kiat Merawat Mesin Mobil?

Membantu menjaga kualitas mesin mobil sebenarnya tidaklah sulit sebab bisa dipercayakan kepada mekanik handal. Intinya adalah selama rutin meluangkan waktu berkunjung ke bengkel dan melakukan pemeriksaan. Sekaligus melakukan penggantian sparepart secara berkala mampu menjaga performa mesin selalu maksimal meski sudah berumur. Selain memberikan perawatan skala besar dan hanya bisa ditanggulangi mekanik, ternyata ada perawatan mesin secara sederhana.

Perawatan sederhana ini bisa dilakukan sendiri di rumah dan sebaiknya dilakukan secara teratur, dan tips cara merawat mobil tersebut meliputi tindakan berikut:

  1. Melakukan ganti oli rutin,

Mengganti oli biasanya bisa dilakukan sekalian saat service kecil maupun besar di bengkel kesayangan oleh mekanik. Namun jika memang bisa dilakukan sendiri kemudian didukung pula oleh ketersediaan waktu maka bisa dilakukan mandiri. Mengganti oli mesin perlu dilakukan secara teratur supaya bagian vital di dalamnya tidak mudah aus. Minimal dilakukan satu kali per tiga bulan, namun jika mobil digunakan berlebihan tentu perlu lebih sering menggantinya.

  1. Rutin mengecek cairan pada radiator,

Sebelum memakai mobil untuk bepergian jarak jauh sebaiknya mengecek ketersediaan cairan di dalam radiator. Hal yang serupa juga penting dilakukan meski untuk berangkat ke kantor dengan jarak tempuh hanya beberapa kilometer saja. Air pada radiator ini sebaiknya dijaga selalu ada dalam komposisi yang memang sesuai batas minimal. Kekeringan pada radiator bisa membuat mesin panas, sehingga jika dipaksakan bisa membuatnya mati total. Beberapa kasus bahkan bisa membuat mobil terbakar secara tiba-tiba dan membahayakan pengemudinya.

  1. Menjaga kebersihan filter karburasi,

Mobil yang sudah menginjak umur lima tahun biasanya lebih sering menunjukkan penurunan performa mesinnya. Kebanyakan sulit dihidupkan pada pagi hari dan bisa disebabkan oleh filter pada karburasi dalam keadaan kotor. Membersihkan filter ini bisa dilakukan sendiri, sebab cukup mudah dan tidak membutuhkan peralatan yang banyak. Menjaga kebersihan filter karburasi berdampak pada mudah tidaknya mobil tersebut dinyalakan, semakin bersih maka akan membuatnya selalu mudah dinyalakan kapan saja.

  1. Memakai mobil secara berkala,

Beberapa orang yang sudah memiliki lebih dari satu mobil sering memarkir mobil yang lama di garasi sehingga jarang digunakan. Meski tidak dipakai usahakan untuk memanasi mesin mobil setiap pagi minimal 5-10 menit saja. Sehingga menjaga semua aliran cairan di dalam mesin bergerak sempurna dan mencegah mesin berkarat yang membuatnya tidak bisa digunakan kembali. Sesekali pakai mobil untuk jalan-jalan sebentar, sebab jika dibiarkan terparkir begitu saja justru membuatnya mudah rusak parah.

Baca Juga : Tips membeli mobil yang hemat dan tepat

Merawat mobil sebenarnya tidak sulit namun yang cukup sulit adalah memberikan ketelatenan dalam merawatnya. Kepedulian untuk memberikan perawatan rutin meski dalam bentuk yang sederhana akan membuatnya tetap bertahan lama. Mobil tua yang tetap bagus mesinnya jika dijual juga bisa laku dengan harga yang lebih tinggi. Maka usahakan selalu mencoba tips cara merawat mobil dengan tepat di atas untuk menjadikan mobil memberikan yang terbaik.

Be Sociable, Share!
Post Tag With :

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *