Home » Tips dan Trik » Ciri-ciri Aki Mobil Rekondisi yang Perlu Anda Ketahui

Ciri-ciri Aki Mobil Rekondisi yang Perlu Anda Ketahui

Perlu Anda ketahui, jika baterai mobil atau aki adalah salah satu hal penting yang perlu diperhatikan. Aki mobil yang Anda miliki perlu diganti apabila sudah mencapai masa tertentu, minimal setelah satu hingga dua tahun pemakaian. Sebagai konsumen yang bijak, Anda harus selektif dalam memilih baterai mobil. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan kini telah banyak beredar aki mobil rekondisi. Berikut beberapa ciri aki rekondisi yang perlu Anda ketahui, antara lain.

Ciri-ciri Aki Mobil Rekondisi yang Perlu Anda Ketahui

  1. Harga Murah Tak Masuk Akal

Umumnya, aki mobil yang baru di banderol dengan harga berkisar Rp 600 ribu hingga Rp 4 jutaan tergantung merek yang dipilih. Sekedar informasi, Juni 2018 lalu, harga aki baru yang paling murah berkisar Rp 645 ribu untuk merek Gforce. Aki merek tersebut diusung dengan tegangan 12 Volt serta kapasitas 35 Ah. Sedangkan, untuk aki mobil yang paling mahal yaitu pada merek Global Battery sekitar Rp 4,7 jutaan dengan tegangan 12 Volt dan kapasitas mencapai 230 Ah.

Untuk aki mobil rekondisi, biasanya dijual dengan harga yang tergolong lebih murah yaitu berkisar Rp 100 ribu hingga Rp 200 ribu. Hal tersebut masih termasuk wajar, namun ada juga aki rekondisi yang dijual dibawah nominal harga tersebut. Maka sebagai konsumen, Anda patut waspada dan teliti dalam memilih produk aki.

  1. Kebanyakan Dijual di Pinggir Jalan, Bukan Toko Besar

Secara umum, aki mobil rekondisi sangat jarang Anda jumpai di toko-toko besar. Aki rekondisi biasanya bisa Anda temukan di toko onderdil mobil yang berlokasi di pinggiran jalan.  Oleh sebab itu, Anda perlu berhati-hati dan memeriksa kondisi aki rekondisi sebelum hendak membeli. Namun, alangkah baiknya jika Anda membeli aki mobil yang baru guna menghindari risiko pembelian.

  1. Goresan Hingga Perubahan Warna Aki

Ketika Anda hendak membeli aki di toko onderdil pinggir jalan, coba periksa terlebih dahulu bagian cover, kutub, dan juga warna bodinya. Apabila di bagian kutub terdapat goresan, warna permukaan yang memudar, bahkan bagian cover yang menggelembung, kemungkinan besar aki tersebut adalah aki mobil rekondisi. Ketiga poin penting tersebut adalah ciri umum untuk mengetahui apakah aki tersebut baru atau rekondisi. Selain itu, Anda bisa telusuri lebih lanjut dengan bertanya langsung kepada si penjual.

  1. Garansi Aki tidak Penuh

Setiap aki mobil yang baru, umumnya diberikan jaminan garansi langsung oleh pabriknya. Biasanya, garansi tersebut berlaku sekitar satu tahun. Jika garansi yang diberikan kurang dari itu, maka Anda perlu waspadai produk aki tersebut. Secara umum, aki mobil rekondisi disediakan garansi hanya dalam jangka waktu bulanan tidak mencapai satu tahun. Sehingga, Anda perlu teliti dalam memilih produk barang.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *