Home » Tips dan Trik » Ciri-ciri Mesin mobil yang Kondisnya Masih Bagus

Ciri-ciri Mesin mobil yang Kondisnya Masih Bagus

Memiliki mobil, membuat Anda harus selalu memperhatikan kondisinya, baik itu dari segi mesin ataupun body. Jika mesin Anda tidak terawat dengan baik maka Anda harus siap-siap mengeluarkan biaya yang cukup besar karena adanya kerusakan seperti turun mesin atau overhoul. Ada beberapa indikasi yang bisa dijadikan sebagai ciri-ciri mesin mobil yang masih bagus kondisinya. Berikut adalah beberapa ciri-ciri tersebut:

Ciri-ciri Mesin mobil yang Kondisnya Masih Bagus

  • Suara Mesin Masih Halus

Mesin mobil yang masih bagus kondisinya memiliki suara yang halus dan konstan saat mesin dihidupkan secara stasioner. Pastikan bahwa suara mobil tersebut tidak ada suara semacam logam yang saling bergesekan atau saling berbenturan. Untuk mengetahuinya, Anda bisa menghidupkan mobil di tempat sepi lalu biarkan selama 5 menit lalu buka kap mesin. Jika tidak ada suara tersendat atau suara-suara aneh lainnya, maka mesin tersebut masih dalam keadaan normal.

  • Ujung Knalpot Bersih

Perhatikan warna ujung knalpot. Ujung knalpot yang memiliki warna merah kecokelatan menandakan bahwa mesin tersebut masih dalam keadaan baik. Hal itu dikarenakan campuran bahan bakar serta udara yang ada di ruang pembakaran terjadi secara stabil dengan komposisi perbandingan yang pas.

  • Tidak ada Bahan Bakar atau Oli yang Bocor

Selain suaranya yang masih halus, mesin mobil yang kondisinya bagus bisa dicirikan dari tidak adanya kebocoran seperti oli, bahan bakar, atau cairan lainnya. Selain itu, juga tidak ada baut atau mur pada mesin yang terpasang secara kendor atau malah dol. Sedangkan jika terjadi rembesan cairan pada bagian bawah mesin, hal itu disebabkan karena mobil tersebut pernah mengalami masalah.

  • Warna Asap Masih Terlihat Normal

Asap mobil yang berwarna putih atau hitam menandakan bahwa mesin tersebut mengalami pembakaran yang tidak sempurna. Biasanya karena tercampur dengan oli yang mengalami kebocoran. Sedangkan jika Anda melihat adanya tetesan air di knalpot, hal itu mununjukan mesin mobil masih dalam kondisi bagus.

  • Putara Mesin Berubah Ketika Kabel Busi Dicabut

Anda juga bisa mengetahui kondisi mesin yang masih bagus dengan cara menghidupkan mesin lalu mencabut kabel busi satu per satu. Jika pada saat dicabut terjadi perubahan pada putara mesin, berarti mesin masih hidup secara normal. Sedangkan jika tidak ada perubahan sama sekali, justru hal ini menandakan kalau mesin mobil sedang bermasalah karena kabel busi sudah tidak berfungsi.

  • Pelumasan Mesin Penuh dan Bersih

Pelumas mesin juga menjadi hal penting untuk menjaga mesin agar tidak saling bergesekan pada saat dinyalakan. Jika Anda memeriksa oli lewat deep stick dan melihat oli masih dalam keadaan penuh serta tidak kotor, berarti mesin mobil masih dalam keadaan baik. Hal ini mengindikasikan bahwa oli tersebut telah diganti secara rutin sehingga membuat performanya tetap terjaga.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *