Home » Tips dan Trik » Ciri Mobil Bekas Banjir yang Bisa Diperhatikan Saat Anda Akan Membelinya

Ciri Mobil Bekas Banjir yang Bisa Diperhatikan Saat Anda Akan Membelinya

Ketika akan membeli mobil memang ada beberapa pertimbangan yang harus diperhatikan, terutama apabila akan membeli mobil kondisi second. Sehingga perlu pengamatan ekstra agar nantinya bisa mendapatkan mobil yang berkualitas dan masih dalam kondisi bagus. Misalnya ketika akan membeli mobil bekas Anda juga harus memperhatikan apakah mobil tersebut adalah mobil bekas banjir atau tidak. Karena banyak oknum yang menjual mobil bekas dengan harga murah tetapi tidak memberitahu kepada pembeli apabila mobil tersebut adalah mobil yang pernah kebanjiran. Oleh karena itulah sebagai pembeli cerdas, ada beberapa ciri dari mobil bekas pernah kebanjiran ini yang bisa diperhatikan. Seperti misalnya ciri mobil bekas kebanjiran yang mudah dikenali tersebut adalah sebagai berikut ini:

Ciri Mobil Bekas Banjir yang Bisa Diperhatikan Saat Anda Akan Membelinya  

  • Mempunyai noda dan endapan

Ciri pertama yang mudah dilihat dari mobil yang pernah kebanjiran adalah yang mempunyai noda bercak dan juga terlihat bekas endapan lumpur. Mobil tersebut akan masih terdapat beberapa endapan lumpur yang biasanya terdapat pada interior mobil. Terutama pada bagian rak mobil dan juga komponen kabin yang masih terdapat endapan lumpur. Selain itu juga bisa ditemukan noda bercak lumpur dan air yang akan berubah menjadi kerak. Sehingga bekas tersebut sulit hilang terlebih lagi warnanya.

  • Bau tidak sedap

Hal selanjutnya dari ciri mobil bekas banjir adalah mempunyai bau yang tidak sedap. Karena terendam selama beberapa waktu maka hal tersebut akan membuat bau di dalam mobil tidak sedap. Sehingga apabila ada aroma seperti bau lumpur di dalam mobil maka bisa dipastikan apabila mobil tersebut pernah kebanjiran sebelumnya. Air banjir tersebut juga sangat mudah meresap ke busa jok dan tidak mudah hilang sehingga akan membuat bau di dalam mobil tidak sedap.

  • Harga lebih murah

Ciri lainnya ketika akan membeli mobil dan mengetahui bahwa mobil tersebut pernah kebanjiran adalah dilihat dari harganya. Untuk mobil bekas yang mempunyai kondisi baik tentunya akan mempunyai harga sedang karena mempunyai kualitas yang masih bagus. Sedangkan untuk mobil yang pernah banjir maka akan ditawarkan dengan harga lebih murah oleh para penjualnya. Oleh karena itulah apabila menemukan mobil dengan harga terlalu miring harus ditanyakan dahulu riwayat mobil tersebut.

  • Bagian yang berkarat

Dan ciri mudah lainnya untuk mengenali mobil bekas banjir adalah dari bagian mobil yang berkarat. Karena mobil kemasukan air di dalamnya maka akan membuat bagian mobil banyak yang berkarat. Oleh karena itulah Anda harus teliti untuk memeriksa bagian mobil termasuk juga pada bagian tromol dan juga bautnya. Bagian baut, bumper, dan tromol biasanya akan tetap berkarat walaupun sudah berusaha untuk dibersihkan sebelumnya oleh para penjual mobil yang pernah kebanjiran ini.

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *