Home » Tips dan Trik » Cuci Kendaraan Jangan Asal Gunakan Shampo Mobil, Pilih yang Berkualitas dengan Menerapkan Tips Berikut!

Cuci Kendaraan Jangan Asal Gunakan Shampo Mobil, Pilih yang Berkualitas dengan Menerapkan Tips Berikut!

Kendaraan yang bersih tentunya akan lebih nyaman digunakan juga lebih enak dipandang, itulah mengapa wajib bagi pemiliknya untuk merawat secara tepat, diantaranya adalah dengan rajin-rajin dalam mencuci kendaraan tersebut menggunakan air dan juga shampo mobil. Nyatanya memang bukan hanya manusia saja yang harus mandi dengan menggunakan produk sabun khusus kulit, melainkan kendaraan juga harus dibersihkan dengan menggunakan produk shampo khusus.

Cuci Kendaraan Jangan Asal Gunakan Shampo Mobil, Pilih yang Berkualitas dengan Menerapkan Tips Berikut! 

Tentunya tak sama dibandingkan dengan shampo yang digunakan oleh manusia, karena produknya dirancang secara khusus untuk membersihkan body mobil yang terbuat dari lapisan cat, sehingga nantinya produk tersebut tak akan merusak permukaan atau lapisan luar dari cat mobil tersebut, membuatnya jadi semakin bersih dan pastinya juga kinclong. Di pasaran sendiri banyak sekali merk dari produk shampo mobil ini, namun agaknya jangan sampai salah dalam memilih untuk dapatkan kualitas terbaik, berikut ini beberapa tipsnya, yaitu:

  1. Perhatikan kandungan yang ada dalam shampo tersebut, diantara kandungan yang penting diperhatikan adalah campuran silicon, karena kebanyakan diantara shampo khusus untuk kendaraan ditambahkan dengan bahan yang satu ini, sehingga membuat bagian permukaannya mengkilap, namun lama kelamaan justru akan mengikis cat mobil menjadi rusak.
  2. pH balance, tak kalah penting adalah mempertimbangkan tingkat keasaman dari shampo yang digunakan, hindari memilih shampo dengan pH yang terlalu rendah ataupun sebaliknya pH yang terlalu tinggi, jika terlalu asam dapat menyebabkan timbulnya karat pada body kendaraan, begitu juga ketika terlalu basa. Ukuran keseimbangan pH ada pada angka 7.
  3. Sebaiknya pilih shampo yang dibekali dengan kandungan brightening agent, ini adalah sebuah senyawa khusus yang difungsikan untuk membuat permukaan mobil jadi lebih cerah atau tampak mengkilap, banyak diantara masyarakat yang agaknya memilih bahan ini, karena otomatis seperti memberikan tampilan yang baru pada kendaraan.
  4. Pilih shampo yang tidak diformulasikan untuk menghilangkan wax pada kendaraan Anda, jika bahan shampo tersebut dapat mengikis wax, maka lama kelamaan bukannya tampil baru, melainkan mobil tampak lebih kusam karena zat untuk mengkilapkannya menghilang.
  5. Dibekali dengan label ramah lingkungan atau green, banyak memang diantara produk rumah tangga semacam ini yang sebenarnya terbuat dari bahan kimia berbeda, dimana semakin lama nantinya akan membuat kerusakan pada lingkungan karena pencemaran bahan kimia tersebut, kontribusi Anda sangat penting dalam memilih produk yang dibekali dengan label ramah lingkungan.

Gampang-gampang sulit memang memilih shampo mobil dengan kualitas yang bagus, namun agaknya beberapa hal penting lain yang harus Anda pertimbangkan ketika memilih shampo ini adalah budget, karena berbeda merk maka tawaran harganya sendiri juga akan berbeda, sesuaikan dengan keuangan.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *