Home » Tips dan Trik » Daripada Keluar Biaya Kursus Stir Mobil, Lebih Baik Ikuti Tips Belajar Mobil Manual Ini

Daripada Keluar Biaya Kursus Stir Mobil, Lebih Baik Ikuti Tips Belajar Mobil Manual Ini

Pernah terpikir kenapa orang masih senang mengendarai mobil manual meskipun teknologi mobil bertransmisi otomatis (matic) sudah tergolong mumpuni?

Pada abad ke-21, mobil bukan lagi merupakan kemewahan, melainkan sudah menjadi kebutuhan bagi kebanyakan orang di perkotaan, terutama di negara-negara berkembang. Banyak kegiatan manusia yang rasanya sulit lepas dari pengaruh kendaraan roda empat ini.

Mobil boleh saja digunakan untuk banyak hal, mulai dari teman perjalanan sampai dengan sumber mata pencarian. Namun, bila tujuannya ialah demi menemani kegiatan sehari-hari, tentu saja kamu akan memilih mobil yang nyaman dikendarai, efisien dalam bahan bakar, dan punya harga yang sesuai dengan anggaran.

Sebagian orang menyukai mobil bertransmisi otomatis karena kepraktisannya, namun tak jarang pula orang memilih mobil manual daripada otomatis. Alasannya beragam, mulai dari harga yang lebih murah, sensasi berkendara yang menyenangkan, sampai konsumsi bahan bakar yang lebih bisa dikendalikan. Kaki yang akan mudah pegal pun dianggap sebagai pengorbanan yang sepadan.

Singkat cerita, mobil manual mempunyai tempat tersendiri yang membuat sebagian orang tetap loyal kepadanya. Nah, kalau kamu tertarik terhadap mobil bertransmisi manual, ada baiknya jika kamu mempelajari beberapa hal yang bakal membedakan antara mobil manual dan otomatis.

Pada artikel kali ini, dirangkum tiga hal yang wajib kamu pahami sebelum mengeluarkan biaya kursus stir mobil manual. Apa saja ketiga hal tersebut? Simak saja penjelasannya di bawah ini.

Pedal

Perkara nomor wahid yang mesti kamu ketahui dari mobil transmisi manual ialah posisi berbagai pedal dan fungsinya pada mobil manual. Sebab, perbedaan paling terasa antara mobil bertransmisi manual dan otomatis adalah ketika kamu melihat jumlah pedal yang ada.

Jika mobil dengan transmisi otomatis (matic) cuma mempunyai dua pedal, maka lain halnya apabila kamu melihat pedal pada mobil manual. Sebab, jumlah pedal pada mobil yang menggunakan transmisi manual adalah tiga buah; pedal kopling (kiri), pedal rem (tengah), dan pedal gas (kanan).

Pedal gas adalah komponen utama untuk mengatur laju mobil, baik mobil manual ataupun matic. Karena itulah, penting untuk mencoba yang satu ini saat mesin mobil menyala, namun dalam keadaan statis, yaitu saat sedang memanaskan mobil. Asah feeling kamu dalam memainkan pedal ini sehingga nantinya bisa mulus dalam mengatur bukaan gas dan putaran mesin mobil.

Pedal kedua adalah pedal yang berada di tengah-tengah atau biasa dikenal dengan pedal rem. Ya, sebagaimana fungsi rem, pedal ini memiliki peranan penting untuk mengurangi laju mobil hingga berhenti.

Sama dengan pedal gas, kamu tidak disarankan untuk kamu menekan pedal rem sekeras atau sedalam mungkin kala ingin menghentikan laju kendaraan. Ingat, pengereman bertujuan untuk mengurangi kecepatan, bukan menghentikan kecepatan mobil. Sebisa mungkin, injaklah pedal rem secara perlahan supaya penumpang di dalam kabin tetap merasa aman dan nyaman.

Nah, iniah pedal yang jadi pembeda antara mobil manual dan mobil matic. Ya, pedal tersebut adalah pedal kopling.

Pedal kopling memiliki fungsi sebagai penerus aliran tenaga yang berasal dari mesin menuju ke sistem penggerak. Bayangkan air yang berasal dari pedal gas lalu mengalir ke sebelah kiri melewati pedal rem menuju pedal kopling. Nah, pedal kopling adalah pintu airnya. “Air” yang berasal dari pedal gas tidak bisa dimanfaatkan kalau pedal kopling diinjak sehingga “pintu air” pun tertutup.

Cara mengoperasikan pedal kopling adalah sebagai berikut. Kaki kiri menekan penuh pedal kopling, tangan kiri memasukkan transmisi dari netral ke posisi gear 1. Kalau sudah, maka kaki kiri melepas pedal kopling secara perlahan diimbangi dengan kaki kanan yang menginjak pedal gas secara perlahan. Nah, baru deh, mobil akan berjalan.

Tuas transmisi

Pembeda kedua antara mobil manual dan matic adalah tuas transmisi yang digunakan. Pada mobil matic, biasanya ada indikator P hingga D yang terdapat di tuas transmisi.

Namun, lain halnya untuk mobil manual. Pada mobil manual, tuas transmisi punya indikator 1 hingga R. Nah, saat baru pertama kali menjalankan mobil, maka gear yang kamu gunakan adalah gear yang paling rendah atau gear 1.

Mengapa hal tersebut harus dilakukan? Karena gear 1 punya respons yang lebih cekatan dibanding gear lain. Setelah mobil kamu bergerak dengan stabil, pindahkan transmisi gear 1 ke gear yang lebih tinggi, yaitu gear 2.

Jika ingin memarkir mobil atau ada hal yang memaksa mobil kamu untuk bergerak mundur, maka gunakanlah gear R. Seperti yang telah dijelaskan pada poin sebelumnya, untuk mengoperasikan berbagai gear ini, imbangi dengan sedikit tekanan pada pedal gas agar mobil tidak mati. Begitu mesin mobil tampak mau mati, tambahkan lagi tekanan gasnya.

Fitur

Hal ketiga yang wajib kamu ketahui waktu belajar mengendarai mobil manual adalah tentang fitur mobil. Sebetulnya, mempelajari fitur mobil tidak hanya berlaku pada mobil manual saja, tetapi juga untuk segala jenis mobil.

Pada mobil modern, fitur menjadi suatu hal yang penting dan dianggap sebagai nilai plus sebuah kendaraan, karena bagaimanapun, fitur hadir untuk memudahkan kamu dalam berkendara. Dengan demikian, ragamnya akan sangat banyak.

Meskipun mobil sekarang punya fitur banyak, ada beberapa fitur standar yang wajib segera dikuasai. Fitur-fitur standar ini biasanya berkaitan dengan pencahayaan (lampu sign kanan-kiri, lampu jauh, dan sebagainya). Fitur standar pencahayaan ini berada pada tuas yang terletak di belakang setir.

Selain itu, juga terdapat berbagai fitur yang secara otomatis akan aktif dengan sendirinya berkat penggunaan sensor tertentu. Salah satunya adalah fitur SRS Airbag.

Sebenarnya, masih banyak fitur yang kamu dapat gali lebih dalam, baik pada mobil manual ataupun otomatis. Maka dari itu, jangan pernah berhenti untuk belajar, ya!

Sumber: https://review.bukalapak.com/auto/jangan-sampai-kamu-malu-berikut-tips-belajar-mobil-manual-68724

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *