Home » Perawatan Mobil » Efek Speedometer Rusak

Efek Speedometer Rusak

Bentuknya memang tidak dominan dalam 1 unit mobil. Ini hanya bagian kecil dari komponen mobil. Tapi jangan salah, meski begitu speedometer sangat diperlukan. Banyak informasi yang anda peroleh tentang kondisi mobil dari dari komponen yang satu ini. Akan rugi dan berbahaya sekali jika speedometer mati toal atau rusak. Di sisi lain ternyata banyak yang mengabaikan hal ini. Mungkin menganggap sepele. Efek speedometer rusak ternyata bisa sangat luar biasa. Anda tentu saja tidak ingin hal ini terjadi pada anda.

Efek Speedometer Rusak

Dulu speedometer sangat sederhana sekali fiturnya. Sekarang fiturnya bertambah jauh lebih banyak.  Semakin lengkap semakin baik. Tentu saja tergantung jenis mobil dan kelasnya. Nah, bilamana rusak, ini yang mungkin bisa alami.

  • Kecelakaan

Bayangkan jika anda membawa mobil dengan speedometer rusak. Tetap jalan memang, tapi anda tidak tahu kecepatan  anda saat itu. Bisa terlalu cepat atau mungkin terlalu lambat. Jika terlalu lambat akan menghalangi pengendara lain minimalnya, apalagi di jalan yang sudah jelas batas kecepatan minimalnya. Bahkan dalam kondisi tertentu sangat mungkin anda tertabrak dari belakang. Nah, anda bayangkan juga jika anda terlalu cepat mengendarai mobil anda, akan sangat sulit buat anda untuk mengontrol kendaraan anda. Resiko kecelakaan akan semakin besar. Dengan indikator yang berfungsi baik, maka anda mengontrol kecepatan kendaraan anda.

  • Mogok
  • Bahan bakar habis

Nah, ini juga sangat mungkin terjadi. Hal yang ringan karena anda kehabisan bahan bakar. Ini terjadi karena anda tidak tahu kondisi bahan bakar anda mencukupi atau tidak karena speedometer mobil anda rusak. Anda juga yang direpotkan dengan hal ini. Mending kalau anda dijalanan yang tidak terlalu ramai, bagaimana jika dalam kondisi macet. Lebih parah lagi.

Baca Juga:Indikator – indikator di Sekitar Speedometer

  • Mesin panas

Mesin mobil bila terlalu panas akan menyebabkan mesin mogok atau mati. Biasanya penyebab utamanya karena kosongnya air radiator atau kurang volumenya. Ini terjadi karena anda tidak bisa mengecek suhu mobil akibat speedometer mati atau rusak.

  • Rusak mesin

Salah satu indikator dalam speedometer menunjukan oli mesin. Ketika komponen itu rusak, kekurangan atau kehabisan oli tidak terdeteksi. Ini akibatnya akan sangat fatal, jika terus dibiarkan mesin akan rusak. Tentu saja, biaya yang harus dikeluarkan jauh lebih besar dari sekedar mengganti atau menservice komponen yang rusak ini.

  • Rem rentan lebih cepat rusak

Anda bayangkan jika anda mengendarai mobil, apalagi dengan jarak yang jauh dengan kondisi rem tangan belum dilepas. Tentu saja rem anda cepat habis. Padalah anda bisa lihat dari indikator bila tidak rusak.

Nah, sebenarnya masih ada efek lainnya, tapi setidaknya bisa memberi anda gambaran pentingya komponen ini.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *