Home » Aksesoris Mobil » Fungsi dan Cara Kerja Speedometer Analog Pada Mobil

Fungsi dan Cara Kerja Speedometer Analog Pada Mobil

Mobil memiliki berbagai macam komponen yang masing – masing mempunyai fungsi yang penting dan berbeda – beda. Salah satu komponen yang sering kita lihat ketika mengendarai mobil yaitu speedometer. Komponen ini terletak di bagian atas dashboard  sehingga memudahkan pengemudi untuk melihat informasi  mengenai kondisi mobil. Berikut ini penjelasan fungsi dan cara kerja  speedometer analog pada mobil

Speedometer merupakan gabungan dari kata speed yang artinya kecepatan dan meter artinya satuan jarak / panjang. Alat ini merupakan komponen mobil yang berfungsi menyajikan informasi kecepatan mobil sehingga kita bisa mengontrol kecepatan kendaraan agar tidak terlalu lambat atau tidak terlalu cepat sehingga terhindar dari kecelakaan yang diakibatkan faktor kecepatan yang tidak terkendali. Banyak kasus kecelakan terjadi yang diakibatkan oleh pengemudi yang tidak bisa mengendalikan kecepatan mobilnya dengan baik. Kecelakan ini tidak hanya melibatkan satu orang tetapi melibatkan banyak orang  bahkan sering memakan korban jiwa. Ketika sedang mengemudi kendaraan, seorang pengemudi harus mengetahui berapa kecepatan yang sedang di tempuhnya dan batas minimal maksimal kecepatan suatu mobil jalan tertentu.

Pada zaman sekarang speedometer mobil memiliki dua jenis  yaitu analog dan digital. kita akan mengupas lebih dalam mengenai yang analog dengan mempunyai bentuk yang unik dan memakai jarum yang berfungsi untuk mengukur angka kecepatan. Meskipun sekarang sudah masuk era digital, komponen mobil ini masih sangat diminati karena bentuknya yang unik. Alat speedo  ini memiliki tiga komponen yaitu :

 

  • Gearbox

 

Gearbox adalah komponen roda gigi yang menerima dari poros transmisi untuk disalurkan ke alat ukur speedo. Ketika kendaraan mulai bergerak, poros transmisi suatu mobil akan berputar  sehingga menyebabkan gearbox yang sudah terpasang akan ikut berputar.

 

  • Kabel

 

Putaran yang dihasilkan oleh gearbox akan disalurkan melalui kabel berporos fleksibel. Kabel ini berbeda dengan kabel yang pada umumnya untuk menghantarkan arus listrik. Bahan baku kabel ini terbuat dari poros baja yang sangat fleksibel sehingga dapat menghantarkan putaran pada segala sudut meski posisinya tidak dalam keadaan lurus.

 

  1. Speedometer

Putaran tersebut akan diterima oleh alat ukur speedo yang letaknya diatas dashboard. Komponen ini berfungsi untuk memberikan informasi terjemahan dari RPM yang dihasilkan putaran gearbox ke dalam bentuk penunjuk angka kecepatan.

Tipe analog ini pada magnet yang berputar menggunakan prinsip gaya gerak listrik (GGL). Putaran ini berasal dari poros yang terhubung dengan output transmisi. Pada saat transmisi dijalankan otomatis roda mobil akan berputar sehingga magnet permanen yang tehubung pada poros akan berputar dan menghasilkan  medan listrik di sekitarnya. Kemudian akan dihantarkan oleh suatu alat bernama speed cup yang terbuat dari alumunium. Alat ini berfungsi mengkonversi medan listrik menjadi gerakan yang akan menggerakkan jarum penunjuk nilai kecepatan kendaraan. Jarum penunjuk kecepatan ini dilengkapi dengan sebuah pegas yang berfungsi untuk menahan jarum agar tidak bergerak terus menerus meskipun dalam kecepatan tetap. Sehingga jarum pada alat speedo bisa menunjukkan angka real sesuai dengan kecepatan mobil.

Dilihat dari cara kerja dan fungsi dari alat tersebut  di atas. Komponen tersebut merupakan suatu  standar kelayakan mobil untuk beroperasi sehingga faktor keselamatan pengendara akan terjamin.  

 

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *