Home » Tips dan Trik » Hal yang Harus Diperhatikan Saat Modifikasi Mobil Ceper

Hal yang Harus Diperhatikan Saat Modifikasi Mobil Ceper

Ilmu yang mengatur aliran udara dengan benar untuk menciptakan aerodinamis otomotif yang bermanfaat, secara harfiah, lebih rumit daripada yang terlihat. Aerodinamika mobil yang benar melibatkan studi rinci tentang bagaimana gerakan udara berinteraksi dengan semua bidang mobil. Satu istilah yang mendapat perhatian paling banyak adalah koefisien drag” (Cd), yang merupakan pengukuran keseluruhan terhadap resistansi bentuk terhadap aliran udara. Untuk Anda yang ingin melakukan modifikasi mobil cepermaka harus memperhatikan banyak hal sebelum melakukannya.

 Hal yang Harus Diperhatikan Saat Modifikasi Mobil Ceper

Cd yang lebih rendah selalu lebih baik, tetapi itu tidak sepenuhnya benar. Sambil mengurangi drag untuk mencapai kecepatan yang lebih tinggi mendapat perhatian paling besar, modifikasi bodi aero seperti spoiler sebenarnya dimaksudkan untuk menahan aliran udara. Sebagai contoh, semua spoiler dan sayap menghasilkan lift negatif (dikenal sebagai downforce) dan sering meningkatkan hambatan dalam melakukannya, tetapi hasil keseluruhan dari peningkatan cengkeraman di jalan diinginkan. Karena sebagian besar body kit aftermarket dan efek ground berakar pada modifikasi aero yang dibuat untuk mobil balap, mungkin akan membantu untuk menjelaskan lebih lanjut untuk melihat dua jenis balap untuk melihat tujuan masing-masing dan bagaimana kendaraan dimodifikasi untuk mencapai tujuan tersebut. 

Untuk modifikasi mobil ceper yang ingin mencapai kecepatan tertinggi dalam garis lurus, modifikasi diarahkan sepenuhnya untuk mengurangi hambatan. Apa pun yang dapat mengganggu aliran udara bebas di atas kendaraan dihilangkan. Bendungan udara depan besar adalah modifikasi utama karena mereka mencapai tingkat pengurangan seret tertinggi. Pegangan untuk menikung dan pengereman tidak akan diperlukan di sini untuk tingkat yang sama seperti di arena pacuan kuda, hanya cukup gaya bawah untuk memastikan velg ringan dapat mempertahankan daya tarikan yang diperlukan. 

Di ujung spektrum adalah trek kotoran Sprint mobil. Karena tingkat daya engine relatif rendah dan genggaman kotoran yang longgar, kecepatan yang didapat tidak cukup tinggi untuk menjadi masalah besar. Yang penting adalah memaksimalkan gaya ke bawah untuk meningkatkan traksi dan menikung. Untuk melakukannya, sayap berlebihan yang tampak lebih seperti panel atap biasanya dipasang di atas mobil balap ini. Seret apa pun yang mereka hasilkan terbukti tidak penting. Sementara bentuk-bentuk persaingan otomotif adalah contoh ekstrim, hampir semua jenis balap membutuhkan keseimbangan dari keduanya ketika datang ke kebutuhan aerodinamis.

Modifikasi mobil ceper harus cukup rendah untuk memungkinkan kendaraan secara efektif mempercepat dan menahan kecepatan lebih tinggi pada straightaways tanpa membuat lift yang menyebabkan ketidakstabilan atau memaksa pengemudi untuk memperlambat untuk menangani belokan. Bagian yang berbeda memberikan efek yang berbeda, dan Anda juga harus melihat lebih dekat pada bagaimana potongan individual mempengaruhi mobil Anda.

 

Be Sociable, Share!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *