Home » Onderdil Mobil » Indikator – indikator di Sekitar Speedometer

Indikator – indikator di Sekitar Speedometer

Sebenarnya speedometer baik untuk motor maupun mobil sama saja. Ini adalah instrument yang  dibuat yang berfungsi untuk menunjukan tingkat kecepatan kendaraan. Sampai saat ini juga masih seperti itulah fungsinya. Mungkin yang membedakannya, sekarang pada mobil modern tampilannya lebih modern. Selain itu disekitar instrument ini terdapat simbol – simbol indikator yang menunjukan suatu kondisi pada mobil. Sebagian orang mungkin sudah mengetahui arti  dari simbol – simbol indikator tersebut.  Untuk anda yang belum mengetahuinya, berikut indikator – indikator di sekitar speedometer.

Indikator bahan bakar

Bentuknya menyerupai  mesin pengisian bahan bakar di pom bensin. Bila ini menyala maka itu menunjukan persediaan bahan bakar pada tangki mobil anda mulai menipis alias hampir habis. Ini saatnya anda harus segera mengisi bahan bakar mobil anda. Pada mobil lama, posisinya kebanyakan berada di dalam lingkaran speedometer.

Indikator aki

Bentuknya mirip tampilan aki dilihat dari samping. Bila ini menyala, maka menunjukan bahwa aki mobil anda sudah mulai kehilangan daya atau rusak.  Sama seperti indikator bahan bakar, pada mobil lama posisinya didalam lingkaran  speedometer.

Indikator oli

Bentuknya seperti teko atau lebih pasnya mirip wadah mengisi bahan bakar di penjual 2 tak jaman dulu. Bila ini menyala, maka ini menunjukan bahwa  mesin mobil anda kekerungan pelumas atau oli. Indikator ini sudah ada sejak lama pada mobil, letaknya ada yang disekitar speedometer, ada juga yang didalamnya.

Baca Juga : Beberapa Mobil Listrik  Terbaru

Indikator temperatur mesin

Bentuknya seperti kunci rumah. Bila indikator ini menyala, itu menunjukan bahwa mobil anda terdeteksi  suhunya tinggi.  Kondisi ini biasanya diikuti dengan  indikator jarum temperatur pada panel instrumen  naik ke posisi garis merah atau H.

Indikator mesin

Bentuknya seperti layaknya mesin. Bila indikator ini menyala dan mobil anda tidak bisa di stater, maka ini menunjukan ada masalah pada mesin anda.

Indikator rem

Bentuknya adalah tanda seru dalam sebuah lingkaran. Jika indikator ini menyala, maka ini menunjukan rem tangan mobil anda dalam keadaan aktif. Bila rem tangan sudah tidak diaktifkan tapi masih menyala, maka itu tandanya oli rem mobil anda sudah habis.

Indikator pintu

Bentuknya adalah mobil dengan pintu yang terbuka. Bila ini menyala maka menunjukan mobil anda tidak tertutup dengan sempurna.

Indikator sabuk pengaman

Bentuknya orang lagi duduk memakai sabuk pengaman.  Bila ini menyala, maka ini menunjukan sabuk pengaman anda belum terpasang.

Indikator airbag

Bentuknya airbag yang mengembang menahan orang yang duduk. Bila ini menyala, maka menunjukan airbag rusak.

Indikator ABS

Bentuknya tulisa ABS pada lingkaran. Bila ini menyala, maka ini menunjukan ABS rusak.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *