Home » Tips dan Trik » Ingin Offroad ? Kuasai Teknik Dasarnya

Ingin Offroad ? Kuasai Teknik Dasarnya

Anda tertarik dengan olahraga ekstrim ? Atau anda suka dengan olahraga otomotif ? Atau anda menyukai hobi yang berhubungan dengan alam ? Bila iya, maka offroad sangat bisa menjadi opsi atau pilihan yang tepat. Olahraga yang dilakukan di alam terbuka ini memang sangat memacu adrenalin. Olahraga yan terbilang mewah ini memang sangat menonjolkan sisi maskulin dari pecintanya.  Ketika orang – orang menghindari jalan yang tidak mulus,terjal dan curam, ini malah yang dicari pecinta olahraga ini. Makin ekstrim makin tertantang untuk menaklukannya. Meskipun mengasyikan, anda tidak bisa sembarangan melakukannya. Bisa fatal akibatnya. Anda perlu belajar dulu secara bertahap tentunya. Santai saja tidak usah terburu – buru. Jadi, anda ingin offroad? Kuasai teknik dasarnya.

Seperti disebutkan sebelumnya, olahraga ini tidak bisa dilakukan sembarangan. Ada teknik – teknik dasar yang  wajib untuk anda kuasai. Dan itu harus dilakukan secara rutin dan pelan – pelan. Setidaknya ada 2 teknik dasar offroad yang harus anda kuasai yaitu :

  • Melewati  turunan curam

Medan yang curam adalah bagian dari trek yang biasa dilalui dalam offroad. Cara melauinya tidak sembarangan tentunya. Salah teknik anda bisa terjun bebas dengan dengan posisi mobil tidak terkontrol. Nah, untuk melaluinya,begini caranya :

Baca juga:Mengenal Kendaraan Offroad Jenis 4WD

  • Jika mobil bergeser ke samping akibat ban belakang licin, injak pedal gas secukupnya dan arahkan ban depan untuk  meluruskan posisi mobil pada jalan.
  • Ketika mobil mulai meluncur terlalu cepat, gunakan rem dengan lembut. Gunakan teknik mengocok pedal rem. Hindari menginjak rem spontan. Hal ini dilakukan untuk menghindari selip, ban kehilangan cengkraman dan terpeleset.
  • Liat medan turunannya, rencanakan rute yang akan dipilih. Untuk meminimalkan resiko hindari tepi jalan yang rapuh,jalan yang miring,jalan berbatu yang licin dan jalan yang tidak rata.
  • Gunakan gigi 1 ketika akan mulai ke turunan dan tanpa menginjak rem.
  • Menaklukan tanjakan curam

Tanjakan curam merupakan tangtangan tersendiri dalam offroad.  Ada kepuasan tersendiri ketika mampu menaklukannya. Tapi, lagi – lagi ini tidak mudah. Jika anda menghadapi medan ini, ini cara menaklukannya :

  • Liat medan tanjakan. Tentukan rute yang akan dipilih. Hindari jalan berbatu yang licin. Jika medannya tanah, pilihlah tanah yang keras dan tidak miring.
  • Gunakan gigi terendah atau gigi 1 dengan torsi 3000 – 3500 Rpm.

Kesalahan yang sering terjadi untuk pemula adalah merasa takut mobil tidak kuat, lalu menginjak gas untuk menambah tenaga. Ini menjadi blunder karena malah akan membuat mesin terlalu berat dan akhirnya mati di tengah tanjakan. Untuk itu, cukup pertahankan gas dengan torsi 3000 – 3500 Rpm.

Be Sociable, Share!
Post Tag With : ,

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *